Jumat 02 Aug 2019 19:35 WIB

Gempa, Pengunjung Mal Grand Indonesia Berhamburan Keluar

Pengunjung Mal Grand Indonesia menuruni eskalator sesaat setelah merasakan goyangan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Pengunjung Mal Grand Indonesia (GI), Thamrin, Jakarta Pusat, menuruni eskalator sesaat setelah merasakan goyangan akibat gempa.
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Pengunjung Mal Grand Indonesia (GI), Thamrin, Jakarta Pusat, menuruni eskalator sesaat setelah merasakan goyangan akibat gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Getaran gempa yang berpusat di Provinsi Banten dirasakan hingga ke Jakarta. Pengunjung Mal Grand Indonesia (GI), Thamrin, Jakarta Pusat, menuruni eskalator sesaat setelah merasakan goyangan akibat gempa.

"Iya tadi (pengunjung ramai-ramai turun karena gempa). Sekarang jam 19.15 WIB, ya tadi sekitar 19.11 WIB gempanya," ujar salah satu petugas keamananan di lantai 3A Mal GI, Iip Wahyudi, kepada Republika, Jumat (2/8).

Baca Juga

Pantauan Republika di lapangan, para pengunjung yang berada di lantai atas tiba-tiba ramai mengantre eskalator. Mereka semua hendak turun ke lantai bawah dan berkumpul di sekitar eskalator. Tapi tidak semua orang panik. Ada pula yang kebingungan atas apa yang baru saja terjadi dan melihat orang yang turun beramai-ramai.

Menurut Iip, guncangan akibat gempa bumi begitu terasa. Guncangan yang terjadi beberapa detik itu berjeda. Ia merasakan dua kali guncangan dalam waktu yang singkat. Salah satu plang toko di dekatnya bergoyang cukup keras.

"Itu di situ plangnya goyang-goyang banget tadi," kata Iip.

Seorang pengunjung mal, Ariadne (25), juga merasakan guncangan gempa bumi tersebut. Ia yang baru saja tiba di GI merasakan guncangan tersebut, tapi orang-orang di sekelilingnya tidak asa yang panik.

"Gue di GI lagi nyender tembok berasa banget goyang-goyang. Gue kira gue yang keliyengan. Rupanya di grup (aplikasi pesan singkat) kantor gue pada berasa," jelas Adne, sapaan akrabnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement