Rabu 31 Jul 2019 15:44 WIB

Nasdem Sebut Maruf dan JK Terlibat dalam Penyusunan Kabinet

Kiai Ma'ruf akan dilibatkan pada tahap pembahasan nama-nama kandidat menteri.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Sekretaris Jendral Partai Nasdem, Johnny G Plate
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jendral Partai Nasdem, Johnny G Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate memastikan keterlibatan Wakil Presiden terpilih Maruf Amin dalam penyusunan Kabinet. Bukan hanya Ma'ruf, ia mengatakan, Jusuf Kalla (JK) juga terlibat dalam penyusunan nama-nama pembantu presiden. 

"Ya Pak Ma'ruf pasti terlibatlah, masa tidak terlibat," kata Johnny saar dihubungi, Rabu (31/7).

Baca Juga

Johnny mengatakan Kiai Ma'ruf akan dilibatkan pada tahap pembahasan nama-nama kandidat menteri. Johnny menambahkan, JK juga akan dimintai pertimbangan. 

"Tentu akan dibicarakan dengan Kiai Ma'ruf Amin dan juga Pak JK yang sekarang ini menjadi wapresnya," kata Johnny. 

Johnny mengatakan, sejak dahulu, wapres terpilih pasti akan dilibatkan dalam pembahasan menyusun formasi kabinet. "Sebut Kiai Ma'ruf Amin secara otomatis di dalamnya ada Pak Jokowi. Karena Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf itu satu kotak di dalam pemerintahan," kata Johnny. 

Kendati demikian, Johnny tak bisa memprediksi apakah Ma'ruf bakal mengusulkan nama tertentu dalam pembicaraan dengan Jokowi. Kalaupun mengusulkan, hal tersebut dinilai Johnny sebagai suatu kewajaran. 

"Itu kan pembicaraan Kiai Ma'ruf Amin dengan Pak Jokowi ya kan itu hal yang normal saja. Mereka berdua kan satu kotaknya, pemerintah. Presiden dan wakil presiden terpilih," ujar dia. 

Terkait pembahasan menteri, Johnny mengatakan, sejauh ini Jokowi belum menggelar pembicaraan mendalam untuk membahas postur kabinet hingga nama-nama calon menteri. Menurut Johnny, Jokowi masih menunggu partai-partai politik untuk menyertorkan kandidat-kandidat calon menteri. Hingga kini, ia menyebut Jokowi belum banyak menerima nama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement