Jumat 26 Jul 2019 21:56 WIB

Tim Verifikasi: Perpustakaan SMA 3 Sukabumi Terbaik di Jabar

Perpustakaan SMA 3 Sukabumi terpilih jadi yang terbaik di Jabar karena inovasi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
SMAN 3 Sukabumi
Foto: facebook
SMAN 3 Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Keberadaan perpustakaan SMA Negeri 3 Sukabumi menjadi yang terbaik di Jawa Barat dan dikutkan dalam lomba tingkat nasional. Sebabnya sekolah tersebut menerapkan sejumlah inovasi pelayanan sehingga pelajar betah berada di perpustakaan.

‘’Kami mendengar program dan melihat perpustakaan di sekolah banyak inovasi yang menarik serta melibatkan siswa,’’ ujar Sri Sularsih, Ketua Tim Verifikasi Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional di SMA Negeri 3 Sukabumi, Jumat (26/7). Inovasi ini dengan adanya jargon yang membuat pelajar tertarik ke perpustakaan dan tidak mengajak secara konvensional yang dinilai membosankan.

Selain itu kata Sri, perpustakaan di sekolah juga menyiapkan bahan bacaan yang banyak dan tersedia pojok baca di kelas. Keberadaan perpusataan di SMA 3 Sukabumi mendapatkan dukungan dari pimpinan daerah, dinas perpustakaan, sekolah dan siswa yang memiliki semangat literasi.

Sri menerangkan, SMA 3 Sukabumi akan bersaing dalam ajang lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional. Rencananya pengumuman pemenang akan disampaikan pada 18 Agustus 2019

'' Kota Sukabumi mendapatkan kepercayaan dikunjungi untuk dilakukan verifikasi lomba perpustakaan tingkat nasional,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saar menerima tim penilai lomba perpustakaan di Balai Kota Sukabumi, Hal ini dikarenakan SMA Negeri 3 Sukabumi mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

Pada tahun sebelumnya kata Fahmi, Kota Sukabumi sempat menghantarkan SMA Negeri 2 Sukabumi ke tingkat nasional. Harapannya pada 2019 ini Perpusatakaan SMA 3 Sukabumi bisa menjadi juara dalam ajang perlombaam.

Hadirnya tim penilai lomba perpustakaan terang Fahmi, diharapkan juga melakukan pembinaan. Sehingga perpustakaan di sekolah yang ada di Kota Sukabumi bisa menjadi perpustakaan terbaik.

Menurut Fahmi, SMA 3 Sukabumi menjadi perpustakaan unggulan di lingkungan sekolah yang ada di Kota Sukabumi. Hal ini ditandai dengan adanya inovasi pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan di sekolah tersebut.

Misalnya kata Fahmi, adanya Komonitas Sepeda Perpustakaan (Sikasep) dan Gerakan Literasi (sigelis). Beberapa inovasi yang dilakukan perpustakaan SMA 3 Sukabumi ini menunjukkan perpustakaan yang ramah siswa.

Fahmi menuturkan, program literasi merupakan salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Kebijakan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong generasi beradab yang cinta pada buku.

Selain perpustkaan sekolah lanjut Fahmi, pemkot juga .embangun tiga perpustakaan di kelurahan. Targetnya setiap tahun ada penambahan sarana tersebut sehingga seluruh kelurahan terfasilitasi perpustakaan agar memudahkan masyarakat.

Selanjutnya kata Fahmi, di Kelurahan sport center akan ditempatkan pojok baca untuk mendukung gerakan pemerintah pusat memperkuat masyarakat agar lebih mencintai membaca buku.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement