Jumat 26 Jul 2019 21:53 WIB

Buya Syafii Jalani Operasi Batu Ginjal

Operasi dilakukan di RS Harjo Lukito, Yogyakarta.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andri Saubani
Tokoh islam dan Guru Bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Tokoh islam dan Guru Bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, baru saja selesai menjalani operasi batu ginjal malam ini, Jumat (26/7). Saat ini, diketahui, operasi berjalan lancar, namun diharapkan seluruh masyarakat Indonesia tetap mendoakan Buya agar kembali pulih dari sakitnya.

“Malam ini Buya Syafii Maarif menjalani operasi batu ginjal karena ada masalah di kantong kemihnya. Operasi dilakukan di RS Harjo Lukito, Yogyakarta,” kata Fajar Ulhaq saat dihubungi Republika, Jumat (26/7).

Buya Syafii baru saja selesai menjalani operasi dengan lancar, dengan 3.596 tembakan mesin ESWL yang memakan waktu sekitar satu jam. “Kini beliau sudah kembali ke RS PKU Gamping, Bantul,” ungkap Fajar lagi.

Sebelumnya, Buya Syafii sudah sejak Rabu (24/7) menjalani perawatan di RS PKU Gamping, Bantul. Artinya, sudah sekitar tiga hari ia menjalani opname di rumah sakit akibat penyakit Hematuria yang dideritanya.

Sebelum dirawat, pria kelahiran Sumpurkudus, Sijunjung, Sumatra Barat, 31 Mei 1935 itu memang masih sangat aktif beraktivitas. Buya banyak mengisi seminar-seminar kebangsaan di perguruan tinggi.

Tidak cuma DIY, Buya Syafii masih sangat aktif berkegiatan di luar kota. Bahkan, masih tercatat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement