Kamis 25 Jul 2019 00:01 WIB

8.000 Lowongan Tersedia di Bursa Kerja Tangerang

Bursa kerja di Tangerang dilakukan secara online.

Sejumlah pencari kerja antre menyerahkan lamaran di arena bursa kerja.
Foto: antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah pencari kerja antre menyerahkan lamaran di arena bursa kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar bursa kerja tingkat kota di Mal Balekota Tangerang dengan total 8.000 lowongan kerja tersedia. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah mengatakan, bursa kerja ini digelar mulai 23-25 Juli 2019.

Bursa kerja melibatkan 55 perusahaan dari berbagai bidang. "Ini upaya kami menekan angka pengangguran, sebelumnya juga sudah dilaksanakan bursa kerja tingkat kecamatan," ujarnya, Rabu (24/7).

Baca Juga

Dia mengatakan bursa kerja ini dilaksanakan secara online. Pencari kerja dapat mendaftar melalui aplikasi Tangerang LIVE.

"Setelah mengunduh, pencari kerja mengisi berkas lamaran kemudian mendapatkan barcode," kata dia.

Barcode yang dimiliki kemudian dipindai ke stan perusahaan yang membuka lowongan kerja. Kondisi ini semakin memudahkan pencari kerja dalam memasukkan lamaran ke perusahaan yang dituju.

Pemerintah Kota Tangerang pada Januari-Maret 2019 telah melaksanakan bursa kerja di tingkat kecamatan. Hasilnya sangat efektif, sebanyak 561 para pencari kerja diterima di 56 perusahaan.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker, Iing Riskomar mengatakan, perubahan sistem bursa kerja dengan konsep mendaftar secara online memudahkan dalam penempatan kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari 5.603 lowongan yang tersedia dan 12.837 pelamar, sebanyak 5.852 pencari kerja mengikuti proses interview oleh perusahaan. Hasilnya, 2.243 pencari kerja yang hadir dalam wawancara, 561 pekerja diterima.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement