Jumat 19 Jul 2019 11:28 WIB

Jokowi Lepas Kontingen Pramuka ke Jambore Pramuka Dunia

Jokowi mengingatkan agar Pramuka membawa nama baik dan citra positif Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Pramuka
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas puluhan kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke jambore pramuka dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat Jumat (19/7) pagi ini. Jokowi mengingatkan agar mereka membawa nama baik dan citra positif Indonesia dalam jambore dunia tersebut.

"Kontingen Pramuka bukan hanya sebagai perwakilan organisasi Indonesia tetapi juga merupakan duta bangsa dan duta negara RI. Untuk membawa nama baik, citra, wajah dan semangat ke-Indonesiaan dalam jambore dunia ke 24 di AS," ujar Jokowi saat pelepasan kontingen pramuka Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7).

Jokowi mengatakan, gerakan kepanduan Indonesia harus berperan aktif dalam kegiatan gerakan kepanduan dunia. Hal ini sesuai slogan yang dimiliki Pramuka yakni menciptakan dunia yang lebih baik, damai, dan berkeadilan sosial.

Presiden juga meminta agar kontingen Pramuka Indonesia menjalin persahabatan dengan kontingan dari negara lain dan membuka wawasan pengetahuan dengan mengikuti seluruh rangkaian acara secara disiplin.

"Jadikan itu bekal dalam membina jiwa kepemimpinan, tingkatkan kemampuan untuk modal bagi mengembangkan diri. Saya berpesan ikuti seluruh rangkaian acara dengan dispilin agar dapat banyak pengetahuan baru," ujar Jokowi.

Kontingen gerakan Pramuka Indonesia ini akan mengikuti jambore dunia ke-24 di Virginia Barat, Amerika Serikat dari 22 Juli hingga 2 Agustus nanti.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement