Selasa 16 Jul 2019 18:25 WIB

Viva Yoga: Di Luar atau di Dalam Pemerintahan Sama Mulianya

PAN adalah partai terbuka yang inklusif menyerap semua ide, gagasan, serta aspirasi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah
Viva Yoga Mauladi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengaku PAN tak ambil pusing terkait kemana arah politik nantinya. Bagi PAN baik di dalam pemerintahan maupun di luar sama-sama mulia. "Berada di dalam kekuasaan, atau di luar kekuasaan menurut platform Partai Amanat Nasional (PAN) sama-sama mulianya asal untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara," kata Viva di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/7).

Viva menjelaskan terkait sikap resmi PAN tersebut akan ditentukan dalam rapat kerja nasional (rakernas). Viva mengatakan PAN adalah partai terbuka yang inklusif menyerap semua ide, gagasan, serta aspirasi. "Jadi itu adalah bagian dari proses pembelajaran politik di masyarakat semuanya, tetapi nanti akan ditentukan di Rakernas PAN," ujarnya.

Baca Juga

Sekretaris jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno sebelumnya juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya apapun program pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang prorakyat PAN akan senantiasa mendukung.

"Tapi ya kalau ada hal-hal yang masih belum pas ya perlu kita luruskan. Kita sampaikan itu secara konstruktif secara kritis secara beretika. Itu komitmen PAN dari awal dan itu sudah disampaikan oleh pak ketum," tuturnya, Senin (15/7).

Saat dipertegas terkait ke mana arah politik PAN, Eddy mengatakan baik di pemerintahan maupun oposisi sama-sama terhormat. Yang penting adalah bagaimana pengabdian yang dilakukan oleh PAN itu dirasakan oleh masyarakat.

"Jadi masalah oposisi atau bergabung soal kita ada dimana saja, tapi yang paling penting rakyat itu merasakan manfaat keberadaan kita," tegas Eddy. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement