Jumat 12 Jul 2019 14:04 WIB

802 Ribu Ekor Ikan Ditebar di Perairan Indramayu

Warga dipersilakan memancing ikan tersebut jika sudah besar, sesuai kebutuhan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda
Petugas melepaskan bibit ikan Nila di Sungai (ilustrasi)
Foto: Antara/Didik Suhartono
Petugas melepaskan bibit ikan Nila di Sungai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu kembali menebar bibit ikan nila di sejumlah perairan di Kabupaten Indramayu. Kegiatan itu dimaksudkan sebagai upaya stocking dan restocking ikan di perairan yang disebar.

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu, Abdur Rosyid Hakim, menyebutkan, jumlah bibit ikan nila yang disebar itu berjumlah 802.200 bibit. Selain di perairan Kecamatan Indramayu, penebaran bibit ikan itu juga dilakukan di berbagai perairan di sejumlah kecamatan lainnya.

Baca Juga

Di wilayah Kecamatan Indramayu, bibit ikan nila disebarkan di Waduk Bojongsari, Jumat (12/7). Di lokasi tersebut, bibit yang disebar mencapai 100 ribu ekor.

"Kami sengaja menebar bibit ikan nila karena memiliki daya tahan tinggi dan mampu beradaptasi terhadap lingkungan," kata Hakim, di sela penebaran bibit ikan di Waduk Bojongsari.

Hakim mengungkapkan, jika nanti bibit ikan itu sudah besar, masyarakat dipersilakan untuk mengambil dan mengonsumsinya. Namun, pengambilan ikan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan proporsional.

"Silakan dipancing saja, jangan dijaring, apalagi diracun," ujar Hakim.

Kepala Seksi Pendampingan Nelayan Kecil pada Diskanla Kabupaten Indramayu, Rachmat Yulianto, menyebutkan, bibit ikan nila itu didistrubusikan ke Kecamatan Widasari sebanyak 40 ribu ekor, Kecamatan Lohbener 40 ribu ekor, Kecamatan Sliyeg 28.500 ekor, dan Kecamatan Jatibrang 15 ribu ekor. Selain itu, bibit ikan nila tersebut juga ditebarkan di wilayah Kecamatan Cantigi sebanyak 60 ribu ekor, Kecamatan Kedokanbunder 50.000 ekor, Kecamatan Haurgeulis 70 ribu ekor, Kecamatan Arahan 60 ribu ekor, Kecamatan Balongan 22.500 ekor dan Kecamatan Indramayu 116 ribu ekor. Selanjutnya, bibit ikan juga ditebar di Kecamatan Sindang 40 ribu ekor, Kecamatan Kandanghaur 50 ribu ekor, Kecamatan Losarang 20 ribu ekor, Kecamatan Karangampel 16 ribu ekor, Kecamatan Krangkeng 34 ribu ekor, Kecamatan Cikedung 50 ribu ekor, Kecamatan Kertasmaya 25 ribu ekor, Kecamatan Sukagumiwang 25 ribu dan Kecamatan Tukdana 40 ribu ekor.

"Penebaran bibit ikan itu untuk stocking dan restocking ikan di perairan yang ada di kecamatan-kecamatan tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat," ujar Rachmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement