Kamis 11 Jul 2019 14:36 WIB

Ini Dia 10 Penerima Kalpataru 2019

Kelompk Masyarakat Dayak menjadi pemenang kategori Penyelamat Lingkungan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyerahkan penghargaan ke 10 penerima Kalpataru 2019 di JCC, Senayan, Jakarta.
Foto: Dok Setwapres
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyerahkan penghargaan ke 10 penerima Kalpataru 2019 di JCC, Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Kalpataru 2019 kepada 10 penerima yang dinilai berjasa bagi lingkungan hidup. JK yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyerahkan peraih penghargaan yang terdiri dari tiga kategori. Ketiga kategorinya yakni perintis lingkungan, pengabdi lingkungan dan penyelamat lingkungan.

Untuk kategori perintis lingkungan, penerima penghargaan didapat oleh Lukas Awiman Barayap dari kabupaten Manokwari, Papua Barat. Lali ada Sucipto dari Lumajang, Jawa Timur, Eliza dari Sumbawa Barat dan Nurbit dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Baca Juga

Sementara untuk kategori pengabdi lingkungan diberikan kepada Meilinda Suriani Harefa dari Medan, Sumatra Utara. Juga kepada Hanif Wicaksono dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dan Baso dari Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Sedangkan, untuk ketegori penyelamat lingkungan dimenangkan kelompok yakni Kelompok Masyarakat Dayak, Iban Menua Sungai Utik dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar Kelompok pengelola hutan adat, Depati Kara Jayo Tuo Desa Rantau Kermas dari Meranti, Jambi dan Kelompok Nelayan Prapat Agung Mengening Patasari daru Badung, Bali.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada para penerima Kalpataru, apa yang dilakukan oleh para penerima Kalpataru, ini dalam rangka hal ini tentu jadi contoh yang baik kita semua," ujar JK saat memberi sambutan dalam acara Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) Tahun 2019 di Jakarta Convention Center (JCC),  Kamis (11/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement