Senin 08 Jul 2019 09:26 WIB

Belasan Gempa Susulan Terekam Pascagempa Magnitudo 7,1

Total ada 16 gempa susulan yang terjadi pascagempa utama

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Edward H Mengko mengatakanbelasan gempa susulan terjadi pascagempa dengan magnitudo 7,1 Ahad (7/7) malam. Total ada 16 gempa susulan yang terjadi pascagempa utama tersebut.

"Lokasi gempa susulan terjadi di seputar lokasi gempa utama yaitu sekitar Barat Daya Ternate, Provinsi Maluku Utara," sebut Edward di Manado, Senin (8/7).

Baca Juga

Dia mengatakan rentang kekuatan gempa susulan yang terekam berkisar antara magnitudo 3,8 hingga 4,9. "Hingga kini belum ada informasi terjadinya kerusakan bangunan dan infrastruktur termasuk kerusakan yang paling parah," sebut Edward.

Pascagempa magnitudo 7,1, hasil observasi alat pengukur pasang surut air laut badan informasi geospasial tidak menemukan adanya anomali kenaikan atau turunnya permukaan air laut yang mengindikasikan tsunami. Akan tetapi, terjadinya kenaikan dan penurunan permukaan air laut adalah normal akibat pasang surut.

"Kami tetap berharap warga waspada. Jangan panik dan tetap merujuk pada informasi resmi yang dikeluarkan BMKG. Jangan mudah percaya informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ajak Edward.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement