Sabtu 06 Jul 2019 10:02 WIB

Lewat Dendang Saluang, Nita Promosikan Budaya sampai ke Cina

Nita tidak ingin musik tradisional seperti dendang saluang tergerus budaya impor.

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolanda
Uria Novita
Foto:

Berdendang sampai ke China

Walau masih tergolong muda, sepak terjang Nita sudah merambah dunia internasional. Nita sudah pernah tampil memperlihatkan kebolehannya dalam tarik suara dendang sampai ke China.

Tepatnya September 2017 lalu, Nita tampil di Kota Nanning, China. Ketika itu, Nita tampil sebagai utusan dari kampus ISI untuk mempertontonkan seni budaya Minangkabau kepada masyarakat China dan masyarakat Indonesia yang ada di sana.

Bagi Nita, pengalaman tersebut suatu kebanggaan. Selain dapat melihat negeri China, Nita juga bangga karena menjadi orang yang mempromosikan dan memperkenalkan kesenian Minangkabau kepada warga internasional.

"Pengalaman tampil di China membuat saya dan teman-teman semakin terpacu dan bersemangat. Karena kami memperkenalkan kesenian tradisional Minangkabau kepada dunia," kata Nita menambahkan. Selain pernah tampil di China, Nita juga pernah tampil di panggung kesenian di Malaysia.

Bagi Nita, dendang saluang selain dapat menghibur orang dengan kesenian Minang, dendang saluang juga membuat dirinya mendapatkan penghasilan. Sejak SMK sampai kuliah, Nita sudah mandiri dalam pembiayaan kebutuhan. Nita menyebut, hobi yang mampu menghasilkan uang adalah suatu hal yang menyenangkan.  Belum lagi kepuasan yang dirasakan Nita setiap mendapatkan apresiasi dari masyarakat yang menonton.

Tapi Nita berpikir menjalani profesi sebagai penyanyi dendang saluang sebatas menjalani hobi. Nita masih menyimpan cita-cita menjadi seorang pengusaha sebagai masa depannya. Sejak sekarang Nita sudah mulai belajar wirausaha. Kini, Nita merupakan brand ambassador toko pakaian Minangkabau Tangkelek.

"Untuk saat ini Nita menikmatinya karena cara mencari uang yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement