Kamis 04 Jul 2019 08:49 WIB

UBSI Kampus Yogyakarta Dorong Pengembangan Desa Wisata

UBSI menggandeng Kemenpar untuk mengembangkan Desa Wisata di Yogyakarta.

Pembukaan acara oleh Kepala Desa Wisata Puspo Ardi.
Foto: Dok UBSI
Pembukaan acara oleh Kepala Desa Wisata Puspo Ardi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Yogyakarta bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  melaksanakan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berupa diskusi yang mengusung  tajuk ‘Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata Puspo Ardi’.

Acara itu diadakan di Desa Wisata Puspo Ardi, Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (24/6). Diskusi itu dihadiri oleh masyarakat Desa wisata Puspo Ardi. Adapun nara sumber antara lain,  Dr Ani Wijayanti, MM, Mpar, selaku dekan Fakulats Ekonomi dan Bisnis UBSI Kampus Yogyakarta;  Fathurrahman Nurul Hakim SPar, MM dan Emmita Devi Sari Putri SPar, MM.

“Diskusi ini bertujuan untuk membekali masyarakat desa wisata Puspo Ardi agar mampu secara ilmu dan skill dalam mengembangkan Desa Wisata Puspo Ardi  menjadi desa wisata yang memiliki pesona tersendiri. Sehingga, dapat menarik masyarakat luas untuk berkunjung ke mari,” jelas Ani dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (3/7).

Pada kesempatan tersebut, Ani memaparkan kiat-kiat  mengembangkan desa wisata yang memiliki keunikan atau kharismatik tersendiri. Sehingga, dapat memikat masyarakat luas untuk berkunjung ke desa wisata tersebut.

Materi kedua disampaikan oleh Fathurrahman mengenai pemandu wisata (Tour Guide). Ia menjelaskan peran seorang pemandu wisata, kode etik, dan bagaimana menjadi seorang pemandu wisata yang baik bagi pengunjung desa wisata.

Diskusi dilanjutkan dengan pembekalan keahlian pembuatan kue dengan bahan dasar ketela oleh Emmita. “Ketela dipilih karena  merupakan bahan yang mudah dicari dengan harga beli yang terbilang terjangkau dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan pembuatan kue yang nantinya bernilai jual lebih tinggi,” papar Emmita.

Di akhir acara,  Ani menyampaikan harapannya, semoga  kegiatan tersebut dapat meningkatkan hubungan baik antara UBSI Kampus Yogyakarta dengan masyarakat Desa Wisata Puspo Ardi. “Semoga kegiatan ini menambah wawasan masyarakat untuk mengembangkan Desa Wisata Puspo Ardi,” ujarnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement