Rabu 03 Jul 2019 17:12 WIB

UMKM Bosama Kunjungi Pabrik Bogasari

Sebanyak 55 anggota UMKM Bosama, Bojongsari, Depok mengunjungi pabrik Bogasari

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Christiyaningsih
UMKM Bosama, Bojongsari Depok melakukan kunjungan ke Pabrik Bogasari di Cilincing Jakarta Utara, Rabu (3/7).
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
UMKM Bosama, Bojongsari Depok melakukan kunjungan ke Pabrik Bogasari di Cilincing Jakarta Utara, Rabu (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 55 anggota UMKM Bosama, Bojongsari, Depok mengunjungi pabrik Bogasari di Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu (3/7). Kunjungan ini merupakan kegiatan Factory Visit ke PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari.

Dalam kunjungan ini, peserta yang mayoritas adalah pelaku UMKM mendapat kesempatan langsung melihat proses pengolahan gandum menjadi tepung. Mereka bisa menyaksikan langsung dan mendapat penjelasan bagaimana bulir-bulir gandum diolah, hasil turunannya, hingga menjadi tepung.

Baca Juga

Selain mendatangi pabrik, dalam kunjungan ini pihak Bogasari menampilkan chef mereka untuk demo masak membuat spaghetti bumbu cabe hijau dan Chocolatos Cheese Cake. Dua orang peserta pun menjadi partisipan dan ikut membantu langsung saat demo masak tersebut dua resep tersebut.

photo
UMKM Bosama, Bojongsari Depok melakukan kunjungan ke Pabrik Bogasari di Cilincing Jakarta Utara, Rabu (3/7).

Ketua UMKM Bosama Dede Muslih mengatakan kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk anggota UMKM Bosama.  "Ini akan menambah wawasan teman-teman di UMKM sekaligus kami beharap akan membuka peluang Bosama bermitra dengan Bogasari," katanya.

Salah satu peserta kunjungan Bosama Visit to Bogasari, Erni Rahman,  menyampaikan terima kasih kepada Bogasari atas sambutan yang luar biasa. "Top dan keren  Bosama dan Bogasari, kita dapat banyak manfaat di sini. Selain ilmu, pengalaman, praktik langsung, kunjungan pabrik serta segala pelayanan dan fasilitas yang telah diberikan. Jadi yakin dan tidak salah memilih produk Bogasari," ujar Erni pemilik usaha Cireng Shaza.

Assisten Manager PR Bogasari Rudianto Pangaribuan mengatakan sangat senang mendapat kunjungan dari Bosama. Apalagi sebagian anggota Bosama bergerak di sektor makanan berbasis terigu bahkan memakai terigu Bogasari.

"Bogasari turut bangga akan semangat dan jiwa usaha para anggota Bosama. "Semoga kunjungan ke pabrik Bogasari tidak hanya menambah pengetahuan tapi juga menginspirasi anggota Bosama untuk tumbuh kembangnya para usahawan baru," ujar Rudi.

 

Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro DKUM Depok, Nuryanto, menilai kunjungan seperti ini sangat diperlukan bagi para pelaku UMKM. Tujuannya agar bisa menambah ide-ide baru untuk dipraktikkan guna mengembangkan usahanya dan menambah jenis produknya. "Diversifikasi produk itu penting sehingga produknya semakin bervariasi," ujar Nuryanto.

Nuryanto berharap perusahaan-perusahaan besar yang ada di Jabodetabek lebih meningkatkan sinergitas dengan UMKM, khususnya yang ada di Depok. Sedangkan terhadap Bosama, Nuryanto berharap setelah memasuki usia kedua tahun, Bosama segera merealisasikan pusat oleh-oleh sejenis food court milik bersama keluarga UMKM Bosama. "Lokasinya di Giant Bojongsari itu perlu dihidupkan tentunya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas  Perdagangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement