Jumat 28 Jun 2019 13:21 WIB

Sukabumi Berkomitmen Jadi Kota Santun Lansia

Caranya dengan menggulirkan program inovasi yang memberikan lansia kemudahan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Israr Itah
Ilustrasi Lansia
Foto: pixabay
Ilustrasi Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen menjadi kota santun lansia. Caranya dengan menggulirkan program inovasi yang memberikan lansia kemudahan dan kenyamanan pelayanan.

"Di Kota Sukabumi mulai diluncurkan program untuk memberikan kenyamanan kepada lansia," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Jumat (28/6). Di antaranya trotoar dan pedesetrian ramah lansia dan disabilitas.

Baca Juga

Selanjutnya, kata Fahmi, program homecare, revitalisasi posyandu, dan rumah singgah di Bandung. Sejumlah program ini mengarah kepada pelayanan kepada lansia.

Program ini digulirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan Sukabumi sebagai salah satu daerah yang dianggap kota ramah lansia di Jabar dan nasional. Ke depan, Sukabumi sebagai kota ramah lansia dapat lebih paripurna.

"Program-program tersebut ada yang sudah berjalan dan sebagian lainnya masih bertahap," kata Fahmi. Targetnya program ini dapat dilakukan bertahap dan memberikan pelayanan terbaik kepada lansia.

Di sisi lain ujar Fahmi, Sukabumi menjadi tuan rumah dalam kegiatan sosialisasi dokumen studi kelayakan wahana lansia sejahtera yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Ruang Pertemuan Bappeda Kota Sukabumi, pada Kamis (27/6). Dari momen itu, diharapkan adanya desain inovasi dan program untuk memberikan kenyamanan kepada lansia.

Pemerintah Provinsi Jabar tengah menggiatkan studi kelayakan terkait dokumen wahana lansia sejahtera. Di mana harus ada desain dan perencanaan bagaimana penanganan dan pelayanan lansia yang dilakukan. Pemerintah Kota Sukabumi menjadi tuan rumah dalam sosialisasi yang dihadiri lima daerah lainnya di Jabar yakni Kabupaten Sukabumi, Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kabupaten Cianjur.

Menurut Fahmi, angka harapan hidup dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga jumlah lansia bertambah. Oleh karenanya, pemerintah harus mempunyai inovasi dan program dalam rangka untuk memberikan kenyamanan kepada lansia.

Studi kelayakan lansia ini, kata Fahmi, dapat melahirkan komitmen pemerintah daerah dalam layanan kepada lansia. Hal ini juga sebagai bagian dari mewujudkan visi yakni Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement