Kamis 27 Jun 2019 13:36 WIB

Masyarakat Keluhkan Pindahnya Penerbangan ke Kertajati

Perpindahan penerbangan dari Husein Sastranegara ke Kertajati berlaku 1 Juli 2019.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah masyarakat mengeluhkan kebijakan perpindahan penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, di Kabupaten Majalengka. Perpindahan itu akan berlaku pada 1 Juli 2019.

"Dengan adanya perpindahan penerbangan ini otomatis pelanggan akan berkurang di Bandara Husein dan itu berdampak pada penghasilan kami," ujar salah seorang pengemudi ojek pangkalan di sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dede, Kamis (27/6).

Baca Juga

Menurutnya, para pengemudi ojek pangkalan lain di sekitar Bandara Husein juga mengeluhkan hal serupa. Mereka khawatir akan mengalami penurunan penghasilan pascapemindahan penerbangan tersebut.

"Kalau ngobrol sama pemilik warteg di sekitar bandara juga sama sih kekhawatirannya, bakal sepi pengunjung. Memang ini kemauan pemerintah, kami sebagai masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa," jelasnya.

Keluhan terkait pemindahan penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati juga dikeluhkan oleh salah seorang mahasiswa bernama Aan. "Kalau saya menyayangkan jika penerbangan domestik di pindahkan ke Kertajati," ujar dia. Menurut Aan, Bandara Husein mudah dijangkau dan biaya transportasi umum terhitung lebih murah ketimbang harus pergi dari Bandung ke Majalengka.

Keluhan lainnya juga diutarakan oleh salah seorang calon penumpang rute Bandung-Makassar, Iwan. Ia kecewa dengan perubahan penerbangan yang dianggap terlalu mendadak.

"Saya kebetulan orang Majalengka yang hendak pergi ke Makassar besok. Tiket untuk berangkat pada tanggal 27 besok diberangkatkan dari Bandara Husein. Sedangkan teman saya yang memesan tiket pemberangkatan pada tanggal 3,4,5 Juli diberangkatkan dari Kertajaya," terangnya.

Ia menyayangkan perpindahan penerbangan ini tidak diketahuinya dan terkesan terlalu mendadak. "Namanya sudah terlanjur mau bagaimana lagi. Semoga dengan adanya perpindahan penerbangan ini menjadi baik kedepannya," harap Iwan.

Menurut dia adanya Bandara di Majalengka dapat mempermudah akses bagi masyarakat yang tinggal di daerah sekitar. Di antaranya seperti Garut, Tasikmalaya, Cirebon, dan Kuningan. Penduduk di sana tidak perlu lagi ke Jakarta atau Bandung jika ingin menggunakan transportasi udara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement