Selasa 25 Jun 2019 16:51 WIB

Konsumsi Ikan di Sumbar Alami Kenaikan

Sumbar Konsumsi Ikan 38,2 Kilogram Perkapita Pertahun

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Ada beragam jenis ikan lokal yang bisa digunakan untuk konsumsi diet keto.
Foto: Antara
Ada beragam jenis ikan lokal yang bisa digunakan untuk konsumsi diet keto.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatra Barat, Yosmeri mengatakan konsumsi ikan di daerahnya mengalami kenaikan dalam 10 tahun terakhir. Kini menurut Yosmeri dimana tingkat konsumsi ikan saat ini mencapai 38,2 kilogram perkapita pertahun.

"Sumbar masuk 10 besar konsumsi ikan tertinggi di Indonesia, dibandingkan dengan berapa daerah lain yang angkanya di bawah kita," kata Yoesmeri di Kantor Dinas Perikanan Sumbar, Selasa (25/6).

Namun bila dilihat dari data secara nasional, konsumsi ikan di Sumbar masih berada di bawah. Di mana konsumsi ikan secara nasional di Indonesia mencapai 41 kilogram perkapita pertahun.

Yosmeri menjelaskan supaya jumlah konsumsi ikan di Sumbar terus mengalami peningkatan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada anak-anak sekolah. Selain untuk tujuan peningkatan konsumsi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar juga ingin memberikan kontribusi dengan mencerdaskan generasi penerus Indonesia dan Sumbar secara khusus.

Dengan konsumsi ikan, dapat meningkatkan kecerdasan otak. Karena ikan mengandung berbagai protein. Setiap bulan Juni, tambah Yosmeri, Pemprov Sumbar menetapkan sebagai hari makan ikan. PAda hari itu mereka akan mengundang beberapa sekolah-sekolah untuk bersama-sama dengan para sisw, guru dan wali murid menerima penyuluhan manfaat makan ikan.

Kemudian Dinas Kelautan dan Perikanan  juga meminta para pelaku usaha di sektor UMKM agar terus membudidayakan pengelolaan iklan supaya lebih kreatif. Tujuannya supaya masyarakat konsumen juga semakin tertarik mengonsumsi ikan setiap hari.

"Kita ingin mereka yang bergerak di bidang UMKM dalam pengolahan ikan untuk kreatif dalam menarik masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Apalagi banyak makanan yang diolah dari ikan dengan olahan yang kreatif, seperti randang ikan, kerupuk ikan, risoles, sate ikan, bakso ikan, nugget ikan dan lainnya," ujar Yosmeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement