Selasa 25 Jun 2019 10:20 WIB

BNPB Torehkan Prestasi di PBB

Gelar juara pertama berhasil diraih atas inovasi PetaBencana.id.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Gita Amanda
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB), Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri Hari Kesiapsiagaan Bencana di Sesko AU, Lembang, Jumat (26/4).
Foto: Republika/Fauzi Ridwan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB), Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri Hari Kesiapsiagaan Bencana di Sesko AU, Lembang, Jumat (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berhasil mendapatkan prestasi yang membanggakan dari United Nations Public Awards (UNPSA) 2019. Gelar juara pertama berhasil diraih atas inovasi PetaBencana.id yang masuk dalam kategori Memastikan Pendekatan Terintegrasi Dalam Lembaga Sektor Publik.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, menerima piala dan piagam dengan didampingi jajarannya di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin (24/6). Dia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti nyata bahwa Indonesia semakin responsif terhadap kemajuan pelayanan publik. Menurut dia, dengan adanya penghargaan dari UNPSA itu, Indonesia ke depan akan lebih dikenal oleh dunia Internasional.

Baca Juga

“Selamat kepada BNPB atas penghargaan tersebut, semoga ke depan inovasi ini bisa dikembangkan dan berguna bagi masyarakat Indonesia,” ujar dia setelah menerima penghargaan.

Syafrudin menambahkan, dengan adanya penghargaan tersebut juga diharapkan Indonesia bisa lebih dihargai oleh negara-negara lain. Dia menegaskan, momentum Indonesia sebagai juara karena inovasi tersebut seharusnya sudah bisa untuk menjadikannya dikenal lebih dalam.

Keikutsertaan inovasi dari Indonesia dalam UNPSA sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu, dengan menghadirkan lima inovasi menjadi finalis. Pada tahun 2015, ada dua runner up dan tiga finalis dalam UNPSA. Tiga tahun kemudian, yakni tahun 2018, Sistem EDAT menjuarai ajang bergengsi tersebut. Pada 2019, satu inovasi dari Indonesia ciptaan BNPB kembali menjuarai UNPSA.

Perlu diketahui, bahwa PetaBencana.id merupakan sebuah platform gratis berupa daring yang menghasilkan visualisasi spasial dari informasi bencana secara real time. Platform tersebut dalam prosesnya memanfaatkan penggunaan media sosial dan pesan cepat selama kejadian bencana untuk mengumpulkan dan menyaring kondisi terkini yang terkonfirmasi dari penduduk di lokasi sekitar kejadian.

Platform yang sebelumnya bernama PetaJakarta.org, tersebut dikembangkan oleh BNPB bersama Massachusetts Institute of Technology (MIT), USAID, Pacific Disaster Center (PDC), Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) dan BPBD DKI Jakarta. ketika terjadi banjir di Jakarta 2017 silam, platform tersebut secara cepat dapat menghimpun data dan informasi banjir dengan cepat dan efektif. Pada saat itu, ribuan masyarakat melaporkan banjir dan PetaBencana.id diakses lebih dari 500 ribu pengguna dalam  waktu kurang dari 12 jam, sehingga dampak bencana terpetakan secara cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement