Senin 17 Jun 2019 22:04 WIB

Warga Terdampak Gempa Antusias Pilih Rumah Kayu

Masyarakat yang punya dana lebih memodifikasi rumahnya agar lebih nyaman ditempati.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andi Nur Aminah
Kondisi rumah tahan gempa yang sudah jadi dan sedang dalam pembangunan (ilustrasi)
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Kondisi rumah tahan gempa yang sudah jadi dan sedang dalam pembangunan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar menyampaikan progres pembangunan rumah instan konvensional (Riko) dan rumah instan kayu (Rika) yang dibangun dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa berjalan lancar. Kedua tipe tersebut, Najmul mengatakan, menjadi yang paling banyak dipilih masyarakat.

"Masyarakat antusias dan beberapa bangunan rumah juga sudah mulai ditempati," ujar Najmul saat meninjau progres rehabilitasi dan rekonstruksi di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, pada Senin (17/6).

Baca Juga

Najmul mengatakan sekira 200 unit rumah di dua desa tersebut sedang dalam pembangunan. Ada juga yang sudah jadi sehingga dapat dihuni warga terdampak gempa.

Najmul juga mengapresiasi masyarakat yang punya dana lebih untuk memodifikasi rumahnya agar nyaman ditempati. "Pembangunan jenis rumah kayu atau Rika berjalan lancar dengan kualitas kayu yang bisa dipertanggungjawabkan," kata Najmul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara Muhadi mengimbau masyarakat aktif memantau progres pembangunan rumah. "Kami imbau masyarakat terus mendampingi dan mengawasi pembangunan rumah serta mengontrol pekerjaan tukang," ucap Muhadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement