Ahad 09 Jun 2019 18:38 WIB

BPBD: Sebagian Warga Sukabumi Rasakan Gempa 5,7 Cilacap

Getaran di Sukabumi dilaporkan singkat dan tidak sampai menyebabkan kepanikan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.mediastory.net
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebagian warga Kota Sukabumi merasakan getaran gempa dengan kekuatan magnitudo 5,7 yang berpusat di Cilacap, Jawa Tengah, Ahad (9/6) sore. Getaran gempa yang berlangsung singkat ini dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan di Sukabumi.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 16.32 WIB berada di lokasi 8.51 Lintang Selatan (LS) dan 108.86 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di 88 kilometer barat daya Cilacap, Jateng dengan  kedalaman 10 kilometer.

"Getarannya dirasakan oleh sebagian warga,’’ ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada Republika, Ahad (9/6). Namun getaran ini berlangsung singkat dan tidak menyebabkan kepanikan.

Zulkarnain menuturkan, dari pantauan sementara belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Hal ini didasarkan pantauan petugas di tujuh kecamatan.

Menurut Zulkarnain, bila ada laporan kerusakan maka petugas akan segera melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Namun hingga kini belum ada laporan yang diterima.

Lebih lanjut Zulkarnain menuturkan, saat ini petugas BPBD tengah menggelar aksi siaga bencana di momen libur lebaran. Di mana ada dua posko utama siaga bencana yakni di SPBU Jalan RA Kosasih dan di kantor BPBD Kota Sukabumi.

"Jika ada laporan bencana bisa juga disampaikan ke posko,’’ imbuh Zulkarnain. Nantinya petugas posko akan merespons dan meneruskannya kepada petugas di lapangan untuk melakukan penanganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement