Kamis 06 Jun 2019 11:00 WIB

Libur 1 Syawal, Warga Kecewa Monas Tutup

Monas dan tempat hiburan yang dikelola Pemprov DKI tutup pada 1 Syawal.

Sejumlah pengunjung saat berlibur di Monumen Nasional (Monas). (Dok)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pengunjung saat berlibur di Monumen Nasional (Monas). (Dok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- beberapa pengunjung mengungkapkan kekecewaannya karena Tugu Monumen Nasional (Monas) ditutup pada hari pertama libur Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi, Rabu. Mereka tidak mengetahui bahwa Monas memang tutup hari itu.

"Saya berniat mengajak anak dan keponakan ke Monas setelah shalat Idul Fitri dan silaturahmi bersama keluarga. Ternyata Monas tutup," kata Rahmad Setiawan, warga Kebayoran Lama, saat ditemui di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Baca Juga

Rahmad mengatakan, pada Idul Fitri 1440 H kali ini, dia menjadi tuan rumah untuk silaturahim keluarga besarnya. Sanak saudaranya dari beberapa kota datang ke Jakarta untuk berlibur.

Rahmad pun sejak lama telah merencanakan untuk mengajak anak dan keponakan-keponakannya ke Monas pada hari pertama Idul Fitri. Dia nilai Monumen Nasional setinggi 127 meter dari permukaan tanah itu sebagai tempat wisata murah meriah dan memiliki nilai pendidikan. Dari pelataran paling atas Monas, orang bisa menyapu pemandangan atas Jakarta.

"Saya tidak tahu kalau seluruh tempat wisata yang dikelola pemerintah Provinsi DKI Jakarta tutup pada hari pertama Idul Fitri," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Umar, warga Condet. Sebagai warga asli Jakarta, dia memang tidak mudik ke luar Jakarta karena keluarga besarnya tinggal di Jakarta.

"Karena itu saya mengajak anak-anak ke Monas. Karena tutup, akhirnya hanya naik delman saja, lalu nanti jalan-jalan saja keliling kota. Mumpung jalanan Jakarta sepi," katanya.

Delman yang ada di sekeliling Monas memang akhirnya menjadi pilihan pengunjung yang kecewa karena Monas ditutup. Hal itu mendatangkan rezeki bagi para kusir delman.

"Lumayanlah. Sampai siang ini sudah dapat lima tarikan. Mudah-mudahan sore nanti lebih ramai," ujar Eko, salah satu kusir delman, Rabu.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement