Selasa 04 Jun 2019 14:56 WIB

Pedagang Bunga Sedap Malam di Cimahi Raup Untung

Pedagang bunga di Kota Cimahi raup untung jelang lebaran

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan
Jelang Lebaran 1440 hijriah, pedagang bunga sedap malam di jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi meraup untung banyak, Selasa (4/6).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Jelang Lebaran 1440 hijriah, pedagang bunga sedap malam di jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi meraup untung banyak, Selasa (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Para pedagang bunga di jalan Demang Harjakusumah, Kota Cimahi. Tepatnya disekitar Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi meraup untung jelang Lebaran 1440 hijriah. Sebab, bunga-bunga yang dijualnya khususnya bunga sedap malam laku terjual kepada konsumen.

"Alhamdulillah banyak yang beli, khususnya bunga sedap malam karena wangi," ujar Apen (40) salah seorang pedagang bunga saat ditemui di Cimahi, Selasa (4/6).

Baca Juga

Menurutnya, sejak tiga tahun terakhir jelang lebaran ia menjual bunga-bunga tersebut. Apen mengatakan, bunga yang dijual ke konsumen diantaranya bunga mawar, rose baby dan sedap malam. Menurutnya, satu tangkai sedap malam dijual Rp 10.000. Sementara bunga rose baby dijual pertangkai Rp 5000.

Bunga-bunga yang dijualnya, dirinya mengatakan diperoleh dari wilayah Parongpong dan Cihideung, sentra bunga-bunga di Kabupaten Bandung Barat. Apen mengatakan puncak waktu konsumen membeli bunga-bunga diperkirakan malam hari.

Menurutnya, bunga-bunga yang dibeli konsumen biasa digunakan untuk pajangan di ruang tengah rumah. Termasuk untuk sedap malam, agar ruangan menjadi wangi. Katanya, bunga rose baby bisa bertahan satu pekan sedangkan sedap malam 2 minggu.

Pedagang lainnya, Rudi Permana (30) mengaku bunga sedap malam yang laris dibeli oleh konsumen. Menurutnya, ia menjual Rp 15 ribu untuk dua bunga sedap malam. "Alhamdulillah banyak yang beli, saya jualan dari subuh tadi," ujarnya.

Salah seorang konsumen, Lina (22) mengaku tiap jelang Lebaran membeli bunga sedap malam. Biasanya, dirinya membeli di Cihanjuang. Namun karena stoknya habis, ia mencari dan membeli di sekitaran Pemkot Cimahi. "Harganya lumayan dua kali lipat pas mau Lebaran," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement