Senin 03 Jun 2019 11:20 WIB

Bu Ani: Putih untuk Pohon Berkepak Sayap

Bu Ani tidak ingin menjadi rumput. Bu Ani ingin menjadi pohon.

Nasihin Masha
Foto:

Di masa keemasan Spanyol, warna hitam juga menjadi tren dalam tradisi kematian. Para pelayat mengenakan pakaian serba hitam. Namun saat itu sebagai simbol kelas sosial. Pakaian wool hitam saat itu menjadi pakaian termahal.

Tradisi berpakaian hitam juga berkembang di Amerika Latin. Namun tak semua bangsa-bangsa Eropa mengekspresikan suasana kematian dengan warna hitam. Di Belanda, sejak Ratu Juliana, warna putih menjadi pilihan ekspresi dalam menghadapi kematian. Apapun, karena dunia kini dalam pengaruh tradisi Barat, warna hitam seolah menjadi tradisi tunggal dalam memakna kematian.

photo
Bu Ani, Inspirasi SBY: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono

Apa yang dilakukan SBY membangkitkan kesadaran kultural tentang warna putih sebagai eskpresi dalam melihat kematian. Namun semua ekspresi memiliki maknanya masing-masing, sebagai bentuk ungkapan cinta.

Seperti SBY mengekspresikan secara romantis dalam keharuan yang pekat: “Kami berkomunikasi, mestinya dia tidak bisa mendengar (karena dokter melakukan deep sleep terhadap Ani), tapi saya melihat di kelopak matanya ada titik-titik air mata, karena mungkin [dari] orang-orang yang disayangi [sehingga] masuk dalam hati dan pikiran[nya]. Air mata saya pun jatuh di keningnya, saya bersihkan, saya bisikkan, “Memo, kami semua ada di sini, air mata yang jatuh ini adalah air mata cinta, air mata kasih, air mata sayang, menyatu dengan air mata Memo. Semoga ini dimohon Allah.”

Itulah kata-kata terakhir yang dibisikkan SBY ke Ani menjelang ajal menjemput wanita yang menemaninya selama 46 tahun.

Ani gemar fotografi. Bahkan ia telah menerbitkan buku yang berisi foto-foto hasil jepretannya. Ia gemar memotret bunga-bunga yang mekar atau pohon-pohon yang indah.

photo
Ani Yudhoyono: Bu Ani selalu berada di sisi SBY.

Seperti saat di Perth, Australia, pada 2015. Ia memotret pohon baobab. Pohon ini berlanskap tegak, kukuh menjulang, namun eksotis. Mirip dengan dirinya. Seperti bunyi di status instagramnya: “Insya Allah, I will never give up fighting this cancer”. Pohon berkepak sayap itu terbang menuju Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement