Senin 27 May 2019 20:27 WIB

Menjemput Berkah Ramadhan ala Wali Kota Cimahi

Ramadhan menjadi momentum peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna memberikan sambutan dalam Safari Ramadhan di Kota Cimahi, belum lama ini.
Foto: Dedi Junaedi/REPUBLIKA
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna memberikan sambutan dalam Safari Ramadhan di Kota Cimahi, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Sejuta berkah di Kota Cimahi selama Ramadhan 1440 Hijriah. Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi sengaja menjadikan Ramadhan sebagai momentum peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

Pemkot Cimahi juga mengimbau warganya untuk menyemarakkan masjid dengan kegiatan produktif selama bulan puasa.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, salah satu misi dan visi Kota Cimahi 2017-2022, yakni menciptakan Kota Cimahi yang agamis dan berbudaya. Dalam Ramadhan kali ini, pihaknya mengimplementasikan misi dan visi tersebut melalui sejumlah kebijakan. Di antaranya, dirinya bersama jajaran pejabat Pemkot Cimahi sudah dua pekan ini rutin menggelar tarawih keliling (tarling) di tiga kecamatan.

‘’Kami biasa menyelenggarakan tarawih keliling. Warga juga diminta lebih menyemarakan masjid di daerahnya masing-masing dengan kegiatan produktif,’’ ujar Ajay. Pihaknya berkomitmen menjaga kualitas Bulan Ramadhan dengan menggulirkan kebijakan yang agamis. Salah satu komitmen itu ditunjukkan dengan terbitnya surat edaran yang ditujukan kepada pemilik rumah makan.

Isi suratnya, yakni imbauan agar pemilik rumah makan menghormati warga yang tengah berpuasa. Caranya, tutur Ajay, yakni dengan menutup rumah makannya dengan tirai. Di hari pertama Ramadhan, pihaknya sempat memantau implementasi surat edaran tersebut di lapangan. Hasilnya, tutur dia, masyarakat mematuhi anjuran yang tertera dalam surat edaran tersebut.

Terkait jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), pihaknya sengaja memperketatnya. Pihaknya tidak ingin ibadah puasa menurunkan kualitas layanan kepada masyarakat. Hasil pantauannya, tutur dia, kehadiran PNS terbilang bagus.

Kebijakan lainnya yang digulirkan Wali Kota Cimahi, yakni digulirkannya program Mudik Gratis. Dalam program tersebut, Pemkot Cimahi melalui Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan menyediakan 15 bus untuk mengangkut pemudik asal Kota Cimahi.

Dengan 15 bus, maka kapasitas kursi yang disiapkan untuk peserta mudik gratis sebanyak  860 seats. Total biaya yang disiapkan untuk program Mudik Gratis sebesar Rp 190 juta.  Ke-15 bus itu memiliki rute Cimahi-Semarang via Cirebon dan rute Cimahi-Solo melalui Yogyakarta, Banjar, Kebumen dan Klaten.

Proses keberangkatan pemudik asal Kota Cimahi dalam Program Mudik Gratis itu berlangsung di halaman Pemkot Cimahi pada 1 Juni 2019. Rencananya, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna akan melepas kegiatan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement