Sabtu 25 May 2019 13:43 WIB

Jelang Mudik Penyewaan Mobil Makin Ramai Pelanggan

Menjelang musim mudik, jasa penyewaan mobil mulai banyak diserbu

Pemudik menggunakan mobil. Ilustrasi.
Foto: Republika/ Wihdan
Pemudik menggunakan mobil. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menjelang musim mudik, jasa penyewaan mobil mulai banyak diserbu. Pengusaha jasa penyewaan mobil (rent car) di Palembang, Sumatera Selatan saat ini mulai banyak menerima pesanan penyewaan.

"Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri permintaan kendaraan sewa mulai banyak. Kendaraan disewa untuk mudik Lebaran ke sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Jawa. Mobil sewaan juga digunakan untuk jalan-jalan dalam kota bersilaturahim ke rumah teman dan keluarga," kata Fadly pemilik usaha penyewaan mobil Raffa Rent Car di Palembang, Sabtu (25/5).

Baca Juga

Dia menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak. Bahkan permintaan melebihi jumlah kendaraan yang dimiliki.

"Hingga sekarang ini ada 20 unit mobil jenis minibus seperti kijang Innova dan Avanza yang sudah disewa untuk pulang kampung dan bersilaturahim di dalam kota," ujarnya.

Mobil yang disewa sebagian besar digunakan untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran pada 29 Mei - 12 Juni 2019. Sesuai perjanjian mobil jenis minibus itu akan dikembalikan paling cepat pada 16 Juni.

Tarif sewa mobil jenis kijang Innova yang dibawa sendiri oleh penyewa dikenakan biaya sewa Rp 450 ribu per hari. Mobil Avanza atau Xenia disewakan dengan tarif Rp 375 ribu per hari. Jika penyewa membutuhkan sopir maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya tambahan untuk jasa sopir pada hari biasa yakni Rp 100 ribu per hari untuk dalam kota dan Rp 150 ribu per hari untuk perjalanan ke luar kota. "Namun untuk keperluan Lebaran biayanya sedikit naik berkisar Rp 175 ribu hingga Rp 250 ribu per hari," kata Fadly.

Yorry, pemilik JMS Rent Car mengungkapkan menghadapi tingginya permintaan penyewaan mobil jelang Lebaran pihaknya membatasi jumlah mobil yang disewakan untuk mudik. Pembagian unit kendaraan yang disewakan khusus untuk mudik Lebaran dan untuk pelanggan yang tidak mudik dilakukan agar seluruh pelanggan dapat dilayani dengan baik.

"Kami memiliki 25 unit mobil sewaan jenis kijang Innova, Xenia, dan Avanza. Sebagian mobil disewakan untuk mudik ke luar kota dan sebagian lagi disiapkan hanya untuk disewakan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kota," ujar Yorry.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement