Senin 20 May 2019 16:33 WIB

Bupati Bangga Tanah Datar Raih Peringkat I PPD Nasional

Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik dari 415 kabupaten se Indonesia

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Bupati Kabupaten Tanah Datar  Irdinansyah Tarmizi dan Ketua DPRD Tanah Datar Anton  Yondra saat memeragakan piala usai mendapatkan penghargaan peringkat satu PPD Tingkat Nasional di Lapangan Cindua Mato, Kota Batusangkar, Senin (20/5).
Foto: dok. Humas Pemkab Tanah Datar
Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra saat memeragakan piala usai mendapatkan penghargaan peringkat satu PPD Tingkat Nasional di Lapangan Cindua Mato, Kota Batusangkar, Senin (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR - Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat tahun ini menjadi kabupaten peringkat satu dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional kategori perencanaan dam pencapaian tingkat kabupaten. Penghargaan ini diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada Kamis (9/5) lalu.

Pada momen hari upacara Hari Kebangkitan Nasional hari ini, Senin (20/5) Irdinansyah mengucapkan terima kasih atas kerja seluruh pihak yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) karena telah berkontribusi mewujudkan perencanaan dan pencapaian pembangunan terbaik bagi Kabupaten Tanah Datar.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan bulan yang berkah ini, Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik dari 415 kabupaten se Indonesia di bidang perencananaan dan pencapaian, untuk itu patut kita bersyukur kepada Allah SWT atas usaha dan kerjasama semua pihak," kata Irdinansyah kepada Republika di Lapangan Cindua Mato Kota Batusangkar.

Bagi Irdinansyah, capaian ini merupakan catatan sejarah bagi kabupaten Tanah Datar. Penghargaan PPD ini baru dilaksanakan pemerintah pusat sebanyak tiga kali. Pada edisi pertama, Tanah Datar berada di peringkat 14. Edisi kedua naik menjadi peringkat tujuh. Sekarang Tanah Datar menjadi jawara PPD tingkat nasional.

Irdinansyah mengatakan Tanah Datar mendapatkan peringkat satu PPD nasional lantaran keberhasilan perencanaan pembangunan, pencapaian target pembangunan, penurunan angka kemiskinan, peningkatan pendapatan masyarakat, penurunan angka pengangguran dan pertumbuhan angka ekonomi.

"Tak hanya perencanaan yang baik, tapi juga kami melakukan inovasi-inovasi," ujar Irdinansyah.

Bupati menambahkan penghargaan PPD Nasional ini juga akan membanggakan bagi masyarakat Tnah Datar pada umumnya. Sebab kali ini Tanah Datar juga turut mengharumkan nama Sumatera Barat di kancang nasional. 

Pada penghargaan PPD ini, Tanah Datar menjadi peringkat satu. Peringkat dua diraih Kabupaten Tumenggung dan peringkat tiga diraih Kabupaten Tabanan.

Sementara untuk kategori provinsi peraih peringkat satu PPD nasional adalah Jawa Tengah. Disusul oleh Jawa Timur di urutan dua dan Sumatera Selatan di peringkat tiga. Sedangkan untuk kategori kota diraih Semarang sebagai juara, kota Denpasar peringkat dua dan kota Makasar di peringkat tiga.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyebut capaian meraih PPD Nasional merupakan suatu hal yang luar bisa dalam sejarah pemerintahan kabupaten Tanah Datar. Anton mengatakan dengan penghargaan ini orang semakin tahu dengan sepak terjang Luhak Nan Tuo di kancang nasional.

Sekarang menurut Anton masyarakat nasional akan mulai belajar dari Tanah Datar untuk melakukan penataan perencanaan dan pencapaian pembangunan.

"Walau SDA yang terbatas, tapi kita bisa mengatur organisasi pemerintahan daerah yang sangat baik," ujar Anton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement