Ahad 19 May 2019 12:01 WIB

250 Lapak Pedagang Pasar Kosambi Ludes Dilalap Api

Jumlah kerugian akibat kebakaran kios di Pasar Kosambi masih didata

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Nidia Zuraya
Kebakaran, ilustrasi
Kebakaran, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kebakaran terjadi di Pasar Kosambi, Sabtu (18/5) malam. Dalam peristiwa tersebut ratusan lapak pedagang yang berada di lantai basement pasar ludes dilalap si jago merah.

Kepala Seksi Operasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Kebajaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Elan Suparno mengatakan kejadian terjadi pada sekitar pukul 20.30 WIB. Pada lantai tersebut memang diiisi jongko-jongko yang menjadi lapak pedagang.

Baca Juga

"Area pasar Kosambi bangunannya tujuh ribu meter persegi. Dugaan area yang terbakar sekitar 250 jongko pedagang," kata Elan, Ahad (19/5).

Ia menuturkan kejadian bermula pada pukul 19.30-20.00 WIB Bapak Roby Ahmad (45th) yang merupakan petugas keamanan Pasar Kosambi melakukan patroli dan masih belum melihat adanya tanda-tanda kebakaran. Namun pada pukul 20.30 WIB mendaoat laporan dari petugas PHL Sampah bahwa kios kelapa yang terletak di lantai semi basemen terbakar.

Petugas keamanan pun langsung melakukan pemadaman awal dengan menggunakan APAR sebanyak 20 Tabung. Kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Belasan mobil pemadam pun dikerahkan untuk memadamkan api. Ditambah dengan unit rescue dan blower mobile untuk mengeluarkan asap. "Penyebab kebakaran belum diketahui," ujarnya.

Dalam peristiwa ini belum terdata kerugian yang diakibatkan kebakaran. Sebanyak 1.050 jongko dan beberapa kios pedagang masih bisa terselamatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement