Jumat 17 May 2019 09:25 WIB

Gerbang Tol Cikarut Dipindah, Laju Kendaraan Bisa Meningkat

Gerbang Tol Cikarut dipindahkan ke Cikampek Utama

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Foto udara Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/5/2019).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Foto udara Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memindah posisi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utatama (Cikarut) sebelum Lebaran 2019. Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan ada beberapa manfaat jika GT Cikarut dipindah, terutama saat musim mudik Lebaran tahun ini.

"Nanti akan berkurang frekuensi berhenti kendaraan untuk melakukan transaksi yang semula dua kali untuk jarak jauh menjadi satu kali untuk seluruh asal tujuan," kata Subakti, Kamis (17/5).

Baca Juga

Selain itu, dia mengatakan juga akan terjadi peningkatan kecepatan tempuh rata-rata di beberapa segmen, khususnya di lokasi GT Cikarut. Dengan begitu, Subakti menilai akan ada peningkatan kinerja di GT Cikarut yang dipindah ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Subakti menegaskan nantinya juga akan ada perubahan perbaikan kinerja transaksi di gerbang-gerbang tol setelah GT Cikarut dipindah. "Ini mulai dari Cikarang Barat sampai Kalihurip berupa penurunan V/C ratio (angka kepadatan lalu lintas) gerbang tol," jelas Subakti.

Dengan perubahan sistem tersebut, Subakti mengatakan pengguna jalan jarak terjauh dapat diuntungkan dengan hanya melakukan satu kali transaksi yang sebelumnya harus dua kali transaksi. Pengguna jalan jarak jauh nantinya hanya perlu transaksi satu kali di pintu keluar.

Selain itu, Subakti memastikan perubahan sistem transaksi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga membawa perbaikan kinerja pelayanan transaksi di gerbang tol yang dilihat dari angka kepadatan lalu lintas. “Setelah perubahan sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, V/C Ratio sudah cukup rendah. Yang tadinya rata-rata di atas 0,7 sekarang paling tinggi 0,64 sehingga lebih lancar," jelas Subakti.

Mulai 23 Mei 2019, GT Cikarut akan ditiadakan dan direlokasi GT Cikampek Utama di kilometer 70 Tol Jakarta-Cikampek untuk pengguna jalan dari dan menuju Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Selanjutnya juga ada GT Kalihurip Utama di kilometer 67 Tol Jakarta-Cikampek untuk pengguna jalan dari dan menuju Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement