Senin 13 May 2019 17:11 WIB

Hati-Hati Jalan Berlubang di Pusat Bisnis Rasuna Said

Kondisi Jalan HR Rasuna Said banyak yang berlubang mulai dari perempatan lalu lintas

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah kendaraan melintasi jalan rusak di Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/5).
Foto: Fakhri Hermansyah
Sejumlah kendaraan melintasi jalan rusak di Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna jalan raya di Ibu Kota harus hati-hati melintas di jalur cepat yang ada di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Pasalnya, sejumlah jalan berlubang terlihat di sepanjang jalan itu.

Salah satu pengguna jalan yang kerap melintas kawasan itu, Yugo (35), sekaligus pengemudi ojek online (ojol). Ia mengatakan, kondisi Jalan HR Rasuna Said banyak yang berlubang mulai dari perempatan lalu lintas Kuningan.

Menurutnya, jalan berlubang itu disebabkan karena hujan belakangan ini yang menggenang hingga berlubang. Ditambah dengan hilir mudik kendaraan besar dan alat berat dari proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek.

"Kondisi jalan banyak yang berlubang sebagian karena tergantung dengan pengerjaan LRT. Ya memang mungkin faktor cuaca juga memengaruhi, banyak genangan air jadi jalan-jalan banyak yang berlubang," ujar Yugo kepada Republika sambil menunggu penumpang.

Sebagai pengguna jalan kendaraan roda dua yang lalu lalang di jalan itu, Yugo merasa tak nyaman. Terkadang ia pun masuk ke lubang yang cukup dalam itu yang bisa saja merusak motornya di kemudian hari.

Ia pun harus berhati-hati saat melintas terlebih lagi harus memboncengkan penumpang. Nyawa yang harus ia jaga hingga mengantarkannya selamat sampai tujuan.

Untuk itu, ia meminta intansi terkait segera memperbaikinya. Membuat jalan di kawasan perkantoran hingga pusat bisnis serta kantor para duta besar dari belahan dunia menjadi mulus agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Cepat ditangani, jalan yang berlubang karena bisa menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan yang lain," kata dia.

Yugo meminta perbaikan jalan dilakukan semaksimal mungkin. Jangan sampai ketika ditambal, hari berikutnya berlubang kembali.

Berdasarkan pantauan Republika, jalan berlubang itu terdapat di beberapa titik, diantaranya di depan XL Axiata Tower. Bahkan jalan berlubang terlihat dari atas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di jalur cepat ke arah Kuningan.

Ada juga jalan berlubang yang masih terdapat air menggenang di dekat SPBU Pertamina Kuningan. Hingga jalan berlubang yang diberi rambu-rambu berupa pembatas jalan berwarna oranye.

Di sisi lain, Kepala Seksi Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Sudin Bina Marga Jakarta Selatan, Agus Indroyono mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke PT Adhi Karya selaku pelaksana proyek LRT Jabodebek. Surat itu intinya meminta Adhi Karya memperbaiki jalan berlubang di areal kerjanya yang menjadi tanggung jawab.

"Hari ini (13/5) sudah dikirimkan. Intinya untuk (meminta) diperbaiki jalan di Jalan Rasuna Said yang menjadi areal kerjanya LRT, pelaksana Adhi Karya," kata Agus saat dihubungi Republika, Senin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement