Senin 13 May 2019 16:02 WIB

Delapan Caleg Publik Figur Raih Suara Tinggi di Dapil DIY

Setidaknya ada delapan nama publik figur yang meraih suara tertinggi.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Hanafi Rais
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Hanafi Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil Pemilu 2019 dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (13/5). Sejumlah nama publik figur yang dikenal masyarakat meraih suara tertinggi di dapil DPR RI DIY. 

Berdasarkan penetapan hasil pileg untuk DPR RI dapil DIY,  setidaknya ada delapan nama publik figur yang meraih suara tertinggi.  Caleg pejawat nomor urut 1 dari PDIP, Esty Wijayati memimpin perolehan suara untuk caleg publik figur. Esty meraih 176.306 suara masyarakat. Kemudian disusul oleh caleg nomor urut 1 dari PAN,  Hanafi Rais yang meraih 171.316 suara.

Hanafi Rais yang juga merupakan putra politisi senior, Amien Rais ini pun adalah caleg pejawat. Saat ini,  Hanafi duduk di Komisi I DPR RI. Ketiga,  ada caleg nomor urut 1 dari PDIP, Idham Samawi yang meraih 158.425 suara. Idham merupakan caleg pejawat yang juga  pernah menjabat sebagai Bupati Bantul selama dua periode.

Keempat, ada caleg nomor urut 1 dari Partai Gerindra, Andika Pandu Puragabaya yang mendapatkan 69.925 suara. Andika dikenal sebagai putra dari mantan panglima TNI,  Jenderal Djoko Santoso. Kelima, caleg PDIP nomor urut 4, Katon Bagaskara,  meraih 46.985 suara. Katon selama ini dikenal luas sebagai musisi dan mantan vokalis grub band pop,  Kla Project.

 

Keenam,  caleg nomor urut 01 dari Partai Berkarya,  Siti Hediyati Soeharto (Titiek Soeharto) meraih 26.159 suara. Titiek yang merupakan putri dari almarhum Presiden Kedua RI,  HM Soeharto, saat ini aktif sebagai politisi Partai Berkarya.

Ketujuh,  caleg nomor urut 01 dari Partai Demokrat,  KRMT Roy Suryo,  meraih 24.415 suara. Roy Suryo merupakan politisi Partai Demokrat dan mantan Menpora.

Para caleg DPR RI ini memiliki potensi untuk lolos ke Senayan.  Namun, kepastian lolosnya para caleg masih harus menanti konversi perolehan suara ke kursi DPR RI. Adapun jatah kursi DPR RI dapil DIY sebanyak 8 kursi.

Selain tujuh nama di atas,  ada juga satu nama lain yang meraih suara tinggi untuk pemilihan calon anggota DPD dari dapil DIY, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR)  Hemas 984.234 suara. Perolehan suara istri Sri Sultan Hamengkubuwana X ini merupakan yang tertinggi dari calon anggota DPD lain dapil DIY.  Ratu Hemas juga merupakan calon anggota DPD pejawat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement