Senin 13 May 2019 11:57 WIB

Jokowi akan Resmikan Jalan Tol Pandaan-Malang

Jokowi langsung menuju Gerbang Tol Singosari tempat berlangsungnya peresmian.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Tol Pandaan
Foto: Humas Kemenpupr
Tol Pandaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur Senin (13/5) pagi. Di Jawa Timur, ia akan meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang.

Dikutip dari siaran resmi Istana, setibanya di Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, Presiden Jokowi langsung menuju Gerbang Tol Singosari tempat berlangsungnya peresmian.

Di sana, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meninjau displai panel dan maket proyek jalan tol Pandaan-Malang. Setelah peresmian, Presiden juga akan meninjau jalan tol Pandaan-Malang.

Rencananya, Presiden Jokowi akan langsung kembali ke Jakarta pada siang harinya melalui Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Staf Khusus Presiden Ahmad Erani.

Tol Pandaan-Malang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM). Sahamnya dimiliki PT. Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Biaya investasi sebesar Rp 5,9 triliun.

Beroperasinya Tol Pandaan-Malang mempercepat waktu tempuh dan mengurangi biaya mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Jalan tol juga diharapkan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu. Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Pengguna jalan tol Pandaan-Malang akan disuguhi pemandangan alam pegunungan salah satunya di gerbang tol Lawang yang memiliki pemandangan menawan dari Gunung Arjuno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement