Kamis 09 May 2019 23:07 WIB

JK Ingatkan Daerah Harus Kreatif dan Berinovasi

Apalagi jika pemindahan ibu kota negara jadi dilakukan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/5).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya daerah berkreasi dan melakukan inovasi. Menurut JK, apalagi jika pemindahan ibu kota Pemerintahan jadi dilakukan, daerah dituntut untuk siap mandiri.

"Kemampuan kreativitas dan inovasi dari daerah sangat penting. Apalagi nanti kalau rencana pemindahan ibu kita sudah kita laksanakan," ujar JK di hadapan peserta Musrembangnas 2019 yang digelar di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (9/5).

Baca Juga

Menurut JK, perubahan yang terjadi setelah ibu kota pindah tak lagi di Jakarta, yakni perubahan otonomi. JK menilai perlunya penguatan sistem otonomi di tingkat provinsi seiring dengan rencana pemindahan ibu kota.

Menurutnya, hal ini guna memudahkan proses perizinan dunia usaha tanpa harus mendapat respons cepat Pemerintah pusat. "Karena selama ini semua perusahaan-perusahaan kantor pusat ada di Jakarta. Kantor pusat pemerintahan dan ekonomi. Sekarang kita pindahkan. Maka akan otomatis akan terjadi upaya kemandirian dan juga bidang usaha yang menjadi suatu upaya dari masing-masing daerah menjadi lebih baik dibading sebelumnya," ujar JK.

Karenanya, ia berharap daerah membuat kemajuan-kemajuan guna memperkuat otonomi daerah di wilayahnya. "Semua kemajuan itu dapat dicapai karena suatu kemajuan nilai tambah. Suatu produktivitas. Nilai tambah itu sangat relevan dengan produktivitas," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement