Sabtu 04 May 2019 00:02 WIB

Dewan Pers Kritisi Perusahaan Media

Kemerdekaan pers dinilai 'diperkosa' atas dalih kepentingan bisnis.

Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi (kiri) memaparkan pandangannya pada diskusi bertajuk
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi (kiri) memaparkan pandangannya pada diskusi bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi menilai, kemerdekaan pers justru 'diperkosa' oleh perusahaan media sendiri. Yakni, melalui berbagai tuntutan terhadap jurnalisnya dengan dalih untuk kepentingan bisnis.

"Contohnya, jurnalis diharuskan membuat judul-judul berita yang menarik untuk menjadi umpan khalayak untuk meng-klik tetapi tidak sesuai dengan isi berita," kata Imam dalam diskusi bertema "Kembali Merawat Kemerdekaan Pers" yang diadakan di Jakarta, Jumat (3/5).

Contoh lainnya adalah tuntutan perusahaan media kepada jurnalis untuk membuat berita sebanyak-banyaknya. Menurut Imam, kewajiban membuat tujuh berita per hari adalah suatu hal yang tidak masuk akal bahkan untuk media daring.

Pasalnya, setiap berita harus ada verifikasi dan klarifikasi. Bila jurnalis dituntut mengejar kuantitas berita, maka kualitas berita bisa ditinggalkan.

"Semua itu dilakukan dengan dalih agar bisnis media bisa tetap berjalan. Agar perusahaan media bisa tetap menggaji wartawannya," tuturnya.

Karena itu, Imam menyarankan, kepada perusahaan media untuk memikirkan alternatif model bisnis lain tanpa harus mengorbankan profesionalisme jurnalis. Diskusi bertema "Kembali Merawat Kemerdekaan Pers" dalam rangka Hari Kemerdekaan Pers Dunia yang diperingati setiap 3 Mei ini diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement