Selasa 30 Apr 2019 19:20 WIB

BMKG: Gangguan Cuaca Picu Hujan Tiba-Tiba di Musim Kemarau

Gangguan cuaca itu dipicu aktivitas Madden Julian Oscillation.

Ilustrasi cuaca Jakarta
Foto: Antara
Ilustrasi cuaca Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terjadinya gangguan cuaca membuat hujan secara tiba-tiba meski banyak tempat di Indonesia saat ini memasuki musim kemarau. Gangguan cuaca itu dipicu aktivitas Osilasi Madden Julian atau Madden Julian Oscillation (MJO).

"MJO ini ada yang sifatnya basah dan kering. Saat ini fase basah," kata Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Herizal ditemui dalam acara Jambore Iklim bertema "Anak Peduli Iklim dan Tangguh Bencana" di Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (30/4).

Baca Juga

Dia mengatakan gangguan cuaca karena dipicu fenomena MJO, seperti di Jakarta, terjadi dalam dua hari terakhir. Satu hal yang dapat dirasakan, kata dia, adalah di musim kering saat ini tiba-tiba terjadi hujan deras layaknya musim penghujan.

Menurut dia, MJO fase basah saat ini akan terjadi dalam beberapa hari mulai 28 April dan maksimal hingga sepekan sejak terjadi hal itu. Ia menyebut MJO dapat terjadi kapan saja, termasuk saat musim hujan, dengan indikasi terjadi cuaca yang sifatnya kering ketika penghujan.

"Hujan punya variasi beberapa tahunan dalam satu musim. Tahun ini lebih kering daripada kemarin yang bisa karena la nina dan el nino. Kadang ada juga gangguan MJO," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement