Selasa 30 Apr 2019 15:35 WIB

Longsor Ancam Dua Rumah Warga di Lembursitu Sukabumi

Dua kepala keluarga terpaksa diungsikan ke tempat lain yang aman.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor mengancam dua unit rumah warga di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Selasa (30/4). Dampaknya sebanyak dua kepala keluarga (KK) terpaksa diungsikan ke tempat lain yang aman.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, longsor tersebut menerjang tebing yang ada di belakang permukiman warga di Kampung Warung Kelapa RT 01 RW 01 Kelurahan/Kecamatan Lembursitu. "Tebing di pinggiran Sungai Cipelang Gede longsor pada Selasa pagi sekitar pukul 03.00 WIB," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Selasa. Kejadian ini mengancam dua unit rumah milik Ajat (51) dan Ahmad (60).

Baca Juga

Panjang longsoran mencpai 20 meter dengan tinggi 15 meter. Pada Selasa siang kata dia masih terjadi adanya longsoran material yang berjatuhan.

Saat ini kata Zulkarnain, BPBD telah mengarahkan agar dilakukan evakuasi terhadap dua KK tersebut ke rumah saudara. Selain itu agar memasang police line untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di samping itu lanjut Zulkarnain sedang dilakukan upaya musyawarah di lapangan dengan pihak kelurahan dan Babinsa Polsek Lembursitu. Upaya ini dalam rangka cepat tanggap penanganan bencana. Zulkarnain menuturkan, bencana ini terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan. Sehingga ke depan warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana susulan. Terlebih potensi hujan masih mungkin terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement