Senin 22 Apr 2019 18:44 WIB

Romahurmuziy Masih Terima Gaji Pokok Anggota DPR RI

Gaji pokok tetap diberikan karena belum ada keputusan pemberhentian Romahurmuziy.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menunggu panggilan penyidik saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/4/2019).
Foto: Aantara/Reno Esnir
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menunggu panggilan penyidik saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPR RI Indra Iskandar menyatakan anggota Komisi XI DPR RI Romahurmuziy alias Romy masih menerima gaji pokok. Gaji pokok tetap diberikan karena belum ada keputusan pemberhentian Romy sebagai anggota DPR RI.

"Jadi, tetap bahwa basis kami di Sekretariat Jenderal itu pemberian gaji atau penghasilan anggota itu basisnya dalah Keppres. Sejauh belum ada Keppres pemberhentian untuk gaji pokoknya tetep akan diberikan," kata Indra usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Senin (22/4).

Ia menambahkan hanya tunjangan yang disetop. "Kalau gaji itu melekat. Sebelum ada Keppres pemberhentian, kami belum bisa memberhentikan gaji pokoknya," ungkap Indra.

Indra menyatakan bahwa terdapat empat kriteria seorang anggota DPR dapat diganti. "Kalau Keppres pemberhentian ada empat hal pertama kalau dipanggil Tuhan karena meninggal, yang kedua karena yang bersangkutan mengundurkan diri. Yang ketiga karena urusan negara terkena hukum ''inkracht''. Keempat itu karena melanggar kode etik dewan," ujar Indra.

KPK pada Senin memeriksa Indra sebagai saksi untuk tersangka Romahurmuziy dalam penyidikan kasus suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI Tahun 2018-2019. Sementara itu terkait pemeriksaannya, Indra mengaku dikonfirmasi tiga hal oleh penyidik KPK.

"Terkait dengan kasus Pak Romy, dari penyidik menanyakan soal status keanggotan Pak Rommy. Apakah benar keberadaannya di Komisi XI itu yang pertama," ujar Indra.

Selanjutnya, lanjut Indra, penyidik menanyakan soal aturan-aturan internal di dewan. "Yang kedua berkaitan pertanyaan terhadap menyangkut aturan-aturam internal di dewan. Soal yang ada di dalam tata tertib di dewan," ucap Indra.

Terakhir, ia mengatakan penyidik KPK menanyakan soal penghasilan resmi dari Romy. "Yang ketiga pertanyaannya menyangkut penghasilan resmi baik yang bulanan maupun hal-hal lain yang dianggap sebagai penghasilan dewan," tutur Indra.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement