Senin 22 Apr 2019 15:52 WIB

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair di Sukabumi

Job fair menyediakan 6.500 lowongan pekerjaan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasana Job Fair dan Entrepreneur Fair yang diadakan di UBSI Kampus Yogyakarta.
Foto: Dok UBSI
Suasana Job Fair dan Entrepreneur Fair yang diadakan di UBSI Kampus Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 6.500 lowongan pekerjaan disediakan dalam bursa kerja yang digelar Pemkot Sukabumi di Lapang Merdeka Kota Sukabumi Senin (22/4). Dari ribuan lowongan kerja tersebut ditargetkan sebanyak 2.000 orang warga Sukabumi dapat terserap.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Sukabumi yang ke 105 ini disambut antusias ribuan pencari kerja. Ribuan pencari kerja ini ada yang mendaftar secara online maupun datang langsung ke lokasi bursa kerja.

Baca Juga

"Pencari kerja yang mendaftar secara online dalam bursa kerja saja mencapai 2.200 orang,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan ketika membuka secara resmi kegiatan bursa kerja 2019.

Menurut Fahmi, untuk mengikuti bursa kerja tidak hanya datang langsung melainkan melalui pendaftaran online. Cara tersebut diterapkan agar tidak terlalu banyak warga yang berdatangan ke lokasi bursa kerja. Sebab dari pengalaman sebelumnya ribuan pencari kerja berdesakan di lokasi kegiatan.

Kegiatan bursa kerja ini kata Fahmi digelar untuk menekan angka pengangguran dan memenuhi target penyerapan tenaga kerja sebanyak 5.000 orang per tahun. Ia menerangkkan saat ini memang terjadi ketidakseimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan antara lowongan kerja di perusahaan dengan pencari kerja.

Salah satu solusi untuk menanggulangi ketidakseimbangan kata Fahmi yaitu melalui bursa kerja. Di mana diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.

Pemerintah lanjut Fahmi berharap penyerapan tenaga kerja bisa sebanyak mungkin. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi dan angka pengangguran sekitar 13 persen dapat ditekan.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi Iyan Damayanti menambahkan, dalam bursa kerja ini disediakan 6.500 lowongan kerja dari 30 perusahaan. ''Targetnya sekitar 2 ribu warga yang diterima bekerja seperti tahun sebelumnya,'' ujar dia.

Jenis bidang pekerjaan mulai dari keuangan, kesehatan, farmasi, hotel, dan kapal pesiar. Rencananya bursa kerja ini digelar selama dua hari mulai 22-23 April 2019. Sistem pendaftaran bursa kerja bisa online dan secara langsung ke lokasi kegiatan di Lapang Merdeka Sukabumi.

Untuk pendaftaran online kata Iyan sudah diikuti sebanyak 2.200 orang. Nantinya mereka akan dipanggil oleh perusahaan untuk menjalani seleksi wawancara. Sementara untuk yang datang ke lokasi acara akan menjalani tes secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement