Jumat 19 Apr 2019 20:11 WIB

Talud Longsor, Rumah di Cemerlang Sukabumi Terendam Banjir

Longsoran talur menimpa saluran air.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Bencana banjir melanda sejumlah permukiman warga di Perum Cemerlang RT 01 RW 04 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Jumat (19/4) sore. Dampaknya sejumlah rumah dan jalan lingkungan sempat terendam banjir.

‘’ Banjir terjadi karena longsor talud (dinding penahan tanah) menimpa saluran air akibat hujan deras,’’ ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Jumat malam. Akibatnya aliran di saluran air meluap dan mengalir ke jalan lingkungan ke perumahan.

Baca Juga

Kejadian ini ungkap Zulkarnain langsung direspon petugas BPBD dengan mendatangi lokasi kejadian. Di mana BPBD telah mengerahkan lima personil ke lokasi kejadian dengan membawa satu armada kendaraan dan mesin penyedot atau alkon dan pendukungnya.

Menurut Zulkarnain, upaya penanganan bencana ini melibatkan warga perumahan dan petugas terkait lainnya. Sehingga genangan banjir di perumahan bisa segera ditangani dan banjir surut.

Zulkarnain mengatakan, warga di sekitar lokasi rawan bencana diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebabnya intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini berpotensi menyebabkan bencana sehingga harus diantisipasi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sukabumi telah menetapkan status siaga bencana longsor dan banjir sejak 1 Desember 2018 lalu hingga 31 Mei 2019 mendatang. Penetapan ini dilakukan agar ketika terjadi bencana maka dengan cepat ditangani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement