Rabu 10 Apr 2019 21:01 WIB

DPR Dorong Pemerintah Tingkatkan Wisata Halal

Lima daerah ditetapkan memenuhi standar wisata halal.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil
Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal
Foto: bppdntb
Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penetapan lima daerah sebagai destinasi wisata yang memenuhi Standar Wisata Halal Indonesia 2019 oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). DPR berharap, jumlah destinasi wisata halal dapat ditingkatkan.

"Mengapresiasi penetapan Kemenpar tersebut dengan harapan seluruh destinasi wisata di Indonesia berbenah diri agar tujuan Kemenpar yang menargetkan lima juta wisatawan mancanegara muslim dapat tercapai," kata Bambang, Rabu (10/4).

Baca Juga

Adapun lima daerah yang baru saja ditetapkan memenuhi standar wisata halal yakni Lombok, Aceh, Kepulauan Riau, Jakarta, dan Sumatra Barat. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mendorong Kemenpar berkordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) agar menekankan kepada pelaku usaha kepariwisataan.

Para pelaku usaha diminta untuk memperhatikan akses, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan dalam membangun usahanya. Bamsoet juga mendorong Kemenpar meningkatkan destinasi wisata halal di Indonesia.

"Mengingat Indonesia memiliki keunggulan komperatif, dengan populasi muslim terbesar di dunia, memiliki banyak pantai yang indah, serta warisan budaya yang beragam," kata Politikus Golkar itu menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement