Rabu 10 Apr 2019 16:40 WIB

Jaga Kondisi Udara, DLH Padang Lakukan Uji Emisi Kendaraan

Pengujian untuk memantau kadar emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor di Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Petugas saat melihat hasil uji emisi gas buang kendaraan. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas saat melihat hasil uji emisi gas buang kendaraan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang hari ini, Rabu (10/4), melakukan uji emisi terhadap ribuan kendaraan bermotor. Kepala Bidang Penataan dan Penegakkan Hukum Lingkungan DLH Padang Mairizon mengatakan pengujian ini untuk memantau kadar emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor khususnya di Kota Padang.

"Kami akan menganalisis hasil uji emisi ini sebagai masukan untuk pengambilan kebijakan dalam upaya pencemaran udara," kata Mairizon.

Baca Juga

DLH Padang kata Mairizon ingin merangsang masyarakat agar peduli terhadap kestabilan udara bersih. Salah satunya dengan memperhatikan kadar asap yang dikeluarkan kendaraan.

Uji emisi kendaraan hari ini dilakukan untuk kendaraan roda empat pribadi dan kendaraan roda empat pelat merah milik pemerintah. Mairizon mengatakan masyaralay harus tahu bahwa kadar asap yang berasal dari bahan bakar bensin dan solar yang berlebihan akan mencemari udara. Nantinya bisa berimbas kepada kesehatan masyarakat.

DLH Padang melakukan uji emisi kendaraan bermotor di dua lokasi hari ini dilakukan di Parkir Taman Makam Pahlawan Lolong. Kamis (11/4), akan diadakan di Parkiran Bank Nagari di By Pass Sungai Sapih. Mereka menargetkan pada uji emisi kali ini bisa menguji seribu mobil pribadi dam mobil pelat merah.

DLH Padang mengimbau masyarakat agar memperhatikan dan melakukan perawatan rutin terhadap mobil masing-masing supaya menekan tingginya produksi asap dengan kualitas buruk di Kota Padang.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk merawat kendaraannya," ujar Mairizon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement