Ahad 07 Apr 2019 13:53 WIB

Pemkab Ende Perbaiki Taman Renungan Bung Karno

Taman Renungan merupakan objek wisata sejarah unggulan di daerah itu.

Rumah pengasingan Sukarno di Ende.
Foto: Antara
Rumah pengasingan Sukarno di Ende.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG --  Pemerintah Kabupaten Ende pada tahun ini akan memperbaiki taman renungan Bung Karno di Kota Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman renungan merupakan objek wisata sejarah unggulan di daerah itu.

"Tahun ini kami akan perbaiki taman renungan Bung Karno yang akan dilengkapi dengan perpustakaan, termasuk juga kita tampilkan ikon pahlawan dari Ende yang sudah diusulkan jadi pahlawan nasional," katanya Wakil Bupati Ende Djafar Ahmad, Ahad (7/4).

Ia menjelaskan, taman renungan Bung Karno merupakan salah satu tempat paling penting dalam sejarah perjalanan berdirinya negara Indonesia. Di tempat ini, lanjutnya, Sukarno sebagai tokoh proklamator mendapatkan ilham tentang Pancasila yang hingga saat ini menjadi ideologi bangsa dan negara Indonesia.

"Karena itu tempat bersejarah yang menjadi ikon Kota Ende ini kami perbaiki, kami percantik lagi sehingga orang-orang yang datang bisa seharian menikmatinya," katanya.

Ia mengatakan, perbaikan yang dilakukan termasuk untuk Gedung Baraluhi yang akan dijadikan lokasi sinema atau pemutaran film dokumenter tentang Bung Karno. Djafar menambahkan, taman perenungan Bung Karno juga merupakan ikon utama yang ditonjolkan dalam kegiatan Parade Kebangsaan sebagai salah satu dari 100 top kegiatan pariwisata nasional yang sudah digelar selama lima tahun terakhir.

"Sehingga ketika semua diperbaiki, kami ingin nantinya anak-anak generasi Indonesia bisa liburan dan belajar Pancasila di Kota Ende," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement