Senin 01 Apr 2019 17:17 WIB

Pemkot Bandung dan Ikapi Kolaborasi Tingkatkan Literasi

Pemerintah berupaya merangsang minat baca masyarakat.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung beserta Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat meningkatkan kolaborasi untuk meningkatkan budaya literasi. Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pemerintah berupaya merangsang minat baca masyarakat. Daya baca ini juga harus terus dipancing guna menciptakan budaya literasi yang kokoh di masyarakat Kota Bandung.

Oded menuturkan kolaborasi bersama Ikapi sebagai penguat untuk mewujudkan visi Bandung unggul. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, Pemkot Bandung pun akan mendukung program Ikapi untuk meningkatkan literasi di kalangan maayarakat.

"Mereka menyampaikan dari program mereka katanya ada pameran hari Kamis di Braga. Mereka memohon kita dalam hal kolaborasi juga bisa membantu," kata Oded setelah menerima audiensi Ikapi Jawa Barat di Balai Kota Bandung, Senin (1/4).

Oded mengaku sangat mendukung kegiatan Ikapi. Ia memaparkan bahwa peningkatan kualitas SDM masyarakat Kota Bandung tidak cukup hanya didukung dengan penyediaan fasilitas fisik, tetapi perlu rangsangan untuk menumbuhkan kesadaran literasi. Itu dalam rangka menambah wawasan dan kompetensi dasarnya melalui konten tulisan.

"Membangun manusia yang unggul adalah ketika manusia punya karakter, ada karakter moral, yaitu punya akhlakul karimah mentalitasnya dan kedua karakter kinerja. Di samping itu kita harus punya kompetensi dan literasi itu semangat baca itu kita harus kuat," tuturnya.

Guna menindaklanjuti kerja sama ini, Oded pun sudah mengarahkan agar koordinasi lebih intensif bisa dibangun oleh Ikapi bersama Pemkot Bandung. Untuk teknisnya, dia sudah menghadirkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip).

"Tadi sudah saya arahkan agar program Ikapi bisa dikolaborasikan dengan dinas terkait dan mereka siap follow up secara teknis di lapangan," ucapnya.

Arahan Oded ini pun lantas disambut baik oleh Ketua Ikapi Jawa Barat, Mahpudi. Menurut dia, sekalipun pengurus Ikapi yang hadir kali ini merupakan tingkat Jawa Barat, tetapi 80 persen anggotanya justru penerbit asal Kota Bandung.

"Total anggota Ikapi Jawa Barat itu 320, sekitar 200 ada di Kota Bandung. Jadi, karena 80 persennya ada di sini, ya, kita tetap banyak berkegiatan di Kota Bandung. Kami juga siap membantu untuk mendukung program Pemkot Bandung," kata Mahpudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement