Jumat 29 Mar 2019 20:16 WIB

Gowes Nusantara 2019 Bidik Peningkatan Kebugaran Masyarakat

Gowes Nusantara diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat.

Deputi III Kemenpora Raden Isnanta dalam peluncuran programm Gowes Nusantara 2019 di Kemenpora, Jumat (29/3).
Foto: Dok Kemenpora
Deputi III Kemenpora Raden Isnanta dalam peluncuran programm Gowes Nusantara 2019 di Kemenpora, Jumat (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga kembali meluncurkan kegiatan bersepeda Gowes Nusantara. Ajang sepeda santai berada dibawah payung "Ayo Olahraga" ini mengusung tema "Kita Semua Bersaudara". Dengan Gowes Nusantara, diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Saya berharap melalui program Gowes Nusantara 2019 ini mampu merangkai dan menguatkan persatuan dalam kebinekaan, sesuai dengan tema yang diusung, yakni Kita Semua Bersaudara," kata Menpora Imam Nahrawi, Jumat (29/3).

Gowes Nusantara 2019 akan dimulai dari Kota Padang, Sumatra Barat pada 31 Maret. Selanjutnya, program ini akan menyasar ke seluruh provinsi dengan membidik 50 titik kabupaten/kota di seluruh Indonesia.  Puncak Gowes Nusantara 2019 itu akan dilaksanakan pada 9 September 2019 yang bertepatan dengan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menilai kesuksesan gelaran yang sama pada dua tahun sebelumnya sangat diluar ekspektasi. Hal tersebut terukur dari antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam mengikuti program Kemenpora di tiap titiknya. Menurutnya, program ini merupakan stimulus yang mampu membangun kesadaran tiap individu untuk berolahraga.

Atas dasar tersebut, Kemenpora tak henti-hentinya mengkampanyekan Ayo Olahraga di setiap pelosok desa di Indonesia melalui program-program pembudayaan olaharaga, salah satunya melalui program Gowes Nusantara 2019. Ini agar angka presentase masyarakat dalam berolahraga terus mengalami tren positif, sehingga tingkat kebugaran dan kesehatan masyarakat turut mengalami peningkatan.

"Aktivitas berolahraga menjadi hal penting untuk seorang individu menjadi lebih sehat dan bugar, karena olahraga menempati urutan teratas dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, obesitas hingga stroke. Apa pun olahraganya dan sesuai dengan porsinya, akan membuat aktivitas yang dilakukan sehari-sehari bisa berjalan dengan lancar," kata Raden Isnanta.

Pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Dengan bersepeda, membentuk gaya hidup sehat serta menjauhkan diri dari bahaya narkoba.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jelajah Sepeda Nusantara kembali hadir sebagai rangkaian dari Gowes Nusantara 2019. Dimulai dari daerah paling ujung di Timur Indonesia, yakni Papua, rombongan yang terdiri dari 15 pesepeda itu akan mengayuh sepedanya sejauh 5.000 Km yang akan berakhir di Mataram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement