Rabu 27 Mar 2019 22:29 WIB

Belum Semua Penumpang MRT Tertib

Di hari ketiga beroperasinya MRT penumpang sudah jauh lebih tertib.

Rep: Agata Eta/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana MRT Jakarta
Foto: istimewa
Suasana MRT Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain tarif dan pengoperasian, perilaku penumpang MRT juga menjadi sorotan sejumlah pihak. Sebelumnya, foto-foto perilaku penumpang yang tidak tertib saat uji coba MRT berlangsung tersebar dan menjadi viral di media sosial.

Foto-foto tersebut menunjukkan beberapa pengguna MRT yang kedapatan makan di lantai stasiun hingga sampah bekas makanan yang ditinggalkan di stasiun. Ada pula yang tertangkap kamera bergelantungan di atas kereta hingga memanjat kursi kereta.

Baca Juga

Hal ini rupanya terdengar hingga media negeri Sakura yakni media Asahi Shimbun. Dalam liputannya edisi Senin (25/3), media tersebut mengikutsertakan foto-foto perilaku penumpang KRL yang viral tersebut.

photo
Penumpang keluar Stasiun MRT Bundaran HI menuju Halte Transjakarta Bundaran HI yang telah terintegrasi di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pada hari ketiga pengoperasian MRT, Rabu (27/3) pemandangan sedemikan rupa sudah tidak terlihat lagi. Di Stasiun Lebak Bulus, para penumpang yang mayoritas pekerja sudah tertib mengikuti aturan untuk berdiri di belakang garis kuning yang khusus disediakan untuk area antri masuk ke dalam kereta.

Menjelang kedatangan kereta, tampak beberapa petugas menertibkan penumpang agar tidak berdiri terlalu dekat dengan pagar pembatas peron. Namun saat penumpang dari dalam kereta akan turun, masyarakat masih cenderung tergesa-gesa masuk ke dalam kereta tanpa menunggu semua penumpang benar-benar sudah turun.

Namun, penumpang belum terlihat tertib di eskalator. Penumpang belum memahami bahwa di sisi kiri untuk yang ingin berdiam dan di sisi kanan dipergunakan untuk penumpang yang hendak berjalan. Masih terlihat sebagian penumpang menggunakan sisi kanan untuk berdiam. Bahkan dengan santai menggunakan sisi kanan sambil mengobrol.

photo
Petugas mengecek data penumpang yang akan menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Sementara di bundaran HI, pemandangan antre juga terlihat di dalam stasiun pada hari kedua pengoperasian, Selasa (26/3) siang. Penumpang berdiri tertib di depan pintu untuk tap in. Petugas pun membantu mengarahkan penumpang yang akan masuk.

Pemandangan ini pun juga terlihat pada hari ketiga pengoperasian, Rabu (27/3) malam. Namun, Republika.co.id menemukan seorang penumpang yang masih minum di dalam kereta yang menuju ke Lebak Bulus.

Pada hari kedua dan hari ketiga pengoperasian, tidak terlihat penumpang yang makan dan minum di dalam area stasiun. Stasiun juga bersih dari sampah dengan petugas yang bersiaga di titik-titik area stasiun.  

Tamara, salah satu penumpang mengatakan perilaku penumpang sudah tertib. Menurutnya, setelah beroperasi, kejadian seperti saat uji coba yang viral itu tidak ia temukan selama mencoba MRT. "Semoga perilaku ini juga bisa menular ke penumpang KRL juga," harap Tamara.

Menurut salah satu petugas di Stasiun Bundaran HI, Ari, dia tidak menemukan penumpang yang membuang sampah sembarangan di stasiun tersebut. "Paling kami menertibkan untuk penumpang agar berdiri di garis kuning," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement