Rabu 27 Mar 2019 13:03 WIB

PLN Papua Prioritaskan Distribusi Listrik untuk UNBK

Sekolah diimbaut tetap melakukan persiapan mandiri seperti penyediaan UPS.

UNBK
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
UNBK

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat memprioritaskan pendistribusian listrik untuk sekolah-sekolah yang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). PLN juga menyiapkan petugas di lapangan dalam menjaga keandalan listrik.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura PLN UIW Papua dan Papua Barat Salmon Kareth, di Jayapura, Rabu (27/3), mengatakan sebelumnya pihaknya telah melakukan gelar pasukan untuk melihat kesiapan petugas. PLN juga telah melakukan perambasan ranting-ranting pohon yang mendekati jaringan listrik guna mengantisipasi potensi gangguan.

Baca Juga

"Secara sistem dan kehandalan kami telah siap, namun kami juga berharap cuaca dapat bersahabat dan tidak mengganggu saat kegiatan UNBK berlangsung mengingat curah hujan yang tinggi kini," katanya.

Menurut Salmon, SOP telah dipersiapkan guna mengantisipasi gangguan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. PLN juga mengimbau kepada pihak sekolah untuk tetap melakukan persiapan mandiri seperti menyediakan UPS (Uninteruptible Power Supply) dan genset serta memastikan instalasi listrik di dalam gedung sekolah aman.

"UPS dan genset dapat digunakan apabila terdapat gangguan pada sistem PLN akibat alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu," ujarnya.

Dia menjelaskan Petugas Pelayanan Teknik juga telah disiapkan 1x24 jam, melalui unit-unit pelayanan yang ada di dekat lokasi ujian berlangsung. Dengan persiapan dan antisipasi yang telah dilakukan, diharapkan seluruh siswa tingkat SMA/SMP dapat melaksanakan UNBK dengan nyaman dan aman.

"PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat telah mempersiapkan ketersediaan daya yang cukup serta sistem yang handal menjelang pelaksanaan UNBK tingkat SMA dan SMP di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat," katanya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement