Kamis 14 Mar 2019 06:01 WIB

Disdukcapil Indramayu 'Jemput Bola' ke Sekolah

Layanan itu dilakukan untuk membantu para pemilih pemula memiliki KTP elektronik.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el)
Foto: dok. Republika
Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ratusan mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Indramayu menyambut dengan antusias pelaksanaan Disdukcapil Goes To Campus/School. Layanan itu dilakukan untuk membantu para pemilih pemula memiliki KTP elektronik.

Layanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik itu dilakukan petugas Disdukcapil Kabupaten Indramayu di halaman kampus Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu, Rabu (13/3). Para mahasiswa dan pelajar pun beramai-ramai mendatangi tempat pelayanan tersebut.

Baca Juga

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, Mohamad Iskak Iskandar, menjelaskan, program Disdukcapil Goes To Campus/School dimaksudkan untuk membantu perekaman dan pencetakan KTP elektronik bagi mahasiswa/pelajar yang telah memenuhi syarat.

"Perekaman ditujukan untuk pemilih pemula di perguruan tinggi, SMU dan SMK yang telah berusia 16 tahun ke atas,’’ terang Iskandar, Rabu (13/3).

Bagi mahasiswa/pelajar yang telah berusia 17 tahun, setelah melakukan perekaman, maka KTP elektroniknya akan segera dicetak. Sedangkan bagi yang masih berusia 16 tahun, KTP elektroniknya baru akan dicetak pada saat usianya kelak sudah 17 tahun.

"Dari hasil perekaman yang dilakukan di Kampus Unwir, kami mencetak 130 KTP elektronik,’’ kata Iskandar.

Iskandar menambahkan, layanan itu merupakan tindak lanjut dari surat edaran Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI nomor 471.13/2100/Dukcapil tanggal 6 Maret 2019 tentang Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP elektronik Goes to Campus/School.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Unwir, Anisa, mengapresiasi layanan Goes To Campus/School yang datang ke kampusnya. Dia mengaku sebelumnya sudah melakukan perekaman di kecamatan namun proses pencetakan KTP elektroniknya hingga kini belum terealisasi.

"Saya bawa surat keterangan dari kecamatan, disini tinggal cetaknya. Alhamdulillah sekarang KTP elektroniknya sudah jadi,’’ tandas Anisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement