Rabu 13 Mar 2019 22:20 WIB

Rekam KTP-El, Disdukcapil Indramayu Sambangi Desa-Desa

Banyak warga yang belum memiiki dokumen kependudukan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Satria K Yudha
KTP elektronik
Foto: dok. Republika
KTP elektronik

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu terus berupaya melakukan jemput bola bagi warga yang membutuhkan layanan administrasi kependudukan. Layanan itu bahkan dilakukan di desa terjauh yang berbatasan langsung dengan daerah lain.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu Mohamad Iskak Iskandar menjelaskan,  pelayanan jemput bola itu sengaja dilakukan karena masih banyak warga di perbatasan yang belum memiliki dokumen kependudukan. Selain KTP elektronik, banyak pula yang belum memiliki kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran.

"Kami lakukan jemput bola kepada warga di Desa Bantarwaru, Kecamatan Gantar," ujar Iskandar, Rabu (13/3).

Iskandar mengatakan, kegiatan jemput bola itu sudah dilakukannya pada Selasa (12/3) di halaman balai desa setempat. Animo masyarakat di desa itu sangat tinggi untuk mengikuti pelayanan tersebut.

Dalam pelayanan itu, Disdukcapil Indramayu melakukan rekam cetak KTP elektronik sebanyak 89 lembar. Tak hanya itu, dinas tersebut juga mencetak 85 lembar KK dan 141 lembar akte kelahiran.

Salah seorang warga setempat, Sar'an mengaku, dirinya selama ini belum melakukan perekaman data KTP elektronik. Pasalnya, untuk melakukan perekaman data tersebut, dirinya harus menempuh jarak yang jauh.

"Sekarang Disdukcapilnya yang datang langsung, ya jelas saya sangat senang. Apalagi pelayanannya sangat cepat dan langsung jadi,’’ kata Sar’an. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement