Rabu 13 Mar 2019 13:07 WIB

Sembilan Panelis Mulai Susun Soal Debat Cawapres

Para panelis menandatangani pakta integritas untuk menjaga kerahasiaan soal.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil
Debat capres-cawapres (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU),Wahyu Setiawan, mengatakan sembilan panelis mulai menyusun soal untuk debat cawapres pada Rabu (13/3). Para panelis akan menyusun soal selama tiga hari.

“Hari ini, para panelis akan mulai menyusun soal debat Pilpres, sampai tiga hari ke depan atau Jumat (15/3),” ujar Wahyu di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Sebelumnya, sembilan panelis ini telah menggelarkan focus group discussion (FGD) di Hotel Sultan, Jakarta Selatan pada Selasa (12/3). FGD dilakukan untuk memperkaya materi dalam menyusun soal-soal debat cawapres pada Ahad (17/3) mendatang.

Wahyu mengatakan, kisi-kisi soal debat Pilpres ketiga tidak akan diberikan kepada cawapres sebelum debat. Para cawapres baru mengetahui soal debat pada hari H pelaksanaan debat.

 

“Untuk debat ketiga, kami tetap tidak akan menyampaikan kisi-kisi kepada para kandidat. Jadi soal ini bersifat rahasia. Soal akan disampaikan kepada KPU pada H-1, yang oleh KPU akan dilanjutkan kepada moderator,” jelas Wahyu.

Sementara itu, untuk menjamin kerahasiaan soal debat, maka hari ini para panelis akan melakukan penandatangan pakta integritas. Dengan pakta integritas ini, para panelis berkomitmen untuk menjaga integritas dan independensi dalam menyusun soal termasuk tidak membocorkan soal debat. Dua orang moderator debat yakni Putri Ayuningtyas dan Alfito Deannova juga ikut mendatangani pakta integritas pada Rabu siang.

Soal debat ketiga ini akan disusun oleh 9 orang panelis, yakni Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH. Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama.

Sebagaimana diketahui, debat ketiga pilpres akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Debat tersebut akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial-kebudayaan, akan akan disiarkan oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement