Rabu 06 Mar 2019 15:34 WIB

70 Jawara Betawi Nyatakan Ikrar Pemenangan kepada Kiai Maruf

Ikrar tersebut bentuk kecintaan mereka terhadap ulama.

 Forum Ulama dan Jawara Betawi
Foto: Dok Istimwa
Forum Ulama dan Jawara Betawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tujuh puluh pendekar silat yang tergabung dalam Forum Ulama dan Jawara Betawi berikrar untuk berjuang memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut I, Joko Widodo KH Ma’ruf Amin (KMA).  

Ikrar tersebut disampaikan para pendekar yang dipimpin Haji Mat Bendot dan KH Muhyiddin Ishaq dari Perguruan Misar Siban (MS) Pengasinan dan Kembang Latar saat menyambangi kediaman KH Ma’ruf Amin (KMA) di Jl Situbondo, 12, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).   

Baca Juga

Sebelumnya, Jawara Banten dan Jabar, serta Organisasi Pencak Silat Pagar Nusa juga telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-KMA. Dukungan tersebut, menurut Mat Bendot, adalah hasil rembukan dan pertimbangan bersama, mengingat sosok KMA tidak hanya dikenal sebagai figur ulama, tetapi juga punya sejarah kuat dengan pencak silat dan kejawaraan di Banten. 

“Alasannya jelas, Kiai Ma’ruf, adalah ulama mumpuni. Sanad dan nasabnya jelas dari para ulama besar Nusantara. Beliau juga pendekar, jawara dari Banten.  Jadi kita siap memenangkan Kyai Ma’ruf,” ujar Sesepuh Betawi, yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Cipete, Jakarta Selatan, KH Muhyiddin Ishaq.

Sebagai putra Banten, KMA muda, menurut Kyai Muhyiddin, juga menguasai silat dan turut melestarikan pencak silat di Nusantara. Sama halnya dengan putra Betawi, putra Pasundan, putra Minang dan daerah-daerah lain di Nusantara yang sejak kecil dididik mengaji dan bela diri pencak silat. 

“Jadi sangat wajar dan wajib hukumnya para jawara, pendekar dan pesilat mendukung pasangan Jokowi-KMA. Kalau Jawara Banten, Jawara Pasundan, Pagar Nusa sudah lebih dulu mendukung KMA,” kata dia.  

Muhyiddin mengatakan, sekarang giliran para pendekar Betawi. Para pendekar di sini insya Allah sepekan sekali melatih fisik dengan latihan-latihan silat. Mereka  ada yang dari Jakarta Selatan juga ada beberapa orang dari Tangsel ikut ke sini menyatakan dukungan. 

“Baik para ulama ataupun para pendekar Jakarta Selatan dan sebagian Tangsel, mendukung paslon Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin 01," imbuhnya. 

Pendiri Ormas Kembang Latar, Haji Mat Bendot, menambahkan pihaknya siap mengerahkan anggotanya untuk berpartisipasi aktif menyukseskan dan mengamankan Pemilu 2019, juga mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berintegritas dan berakhlakul karimah, yakni Pasangan Capres nomor urut 1, Jokowi-KMA.

“Kita bukan hanya pembela ulama melainkan juga kita pecinta ulama. Kita mau kumpulkan temen-temen dan seluruh anggota supaya bisa memenangkan KMA,” kata dia. 

Dia beralasan, kedua paslon tersebut adalah pemimpin berakhlakul karimah dan pasangan terbaik sinergi antara umara (pemimpin) dan ulama. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement