Senin 04 Mar 2019 20:35 WIB

Kalimantan Barat Gratiskan Biaya Pendidikan SMA/SMK

Biaya pendidikan SMA/SMK gratis akan dinikmati 142 ribu siswa Kalimantan Barat.

Red: Nur Aini
Masa orientasi studi siswa sma (ilustrasi)
Masa orientasi studi siswa sma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat resmi meluncurkan program sekolah gratis untuk jenjang SMA/SMK se-Kalimantan Barat. Program itu ditujukan untuk 142 ribu siswa yang ada di provinsi tersebut.

"Sebanyak 142 ribu anak SMA/SMK se-Kalbar yang akan menjadi sasaran program sekolah gratis," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (4/3).

Baca Juga

Dia juga menjanjikan pada tahun 2020 mendatang akan menambah jumlah sasaran penerima program sekolah gratis menjadi 200 ribu siswa.

"Untuk tahun ini seluruh siswa negeri sudah terakomodir semua dalam program sekolah gratis," ujarnya.

Sutarmidji berharap adanya program sekolah gratis tersebut tidak lagi ada pungutan-pungutan di sekolah. Jika ada yang tetap berani melakukan penarikan, pihaknya akan menyuruh pejabat berwenang untuk memeriksa ke lapangan.

"Kalau masih ada yang menarik iuran lain di sekolah, saya suruh periksa saja," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat Suprianus Herman mengatakan, tahun ini Pemprov menyiapkan anggaran Rp 76 miliar untuk program sekolah gratis tingkat SMA/SMK/SLB.

"Mulai tahun ajaran baru 2019/2020 kita menerapkan sekolah gratis bagi SMA/SMK yang ada se-Kalbar. Anggarannya sudah disiapkan, kita tinggal menyusun juknisnya saja," kata Suprianus.

Dia menyebutkan, untuk anggaran yang disiapkan bagi program sekolah gratis ini sebesar Rp 70 miliar untuk negeri dan Rp 6 miliar untuk swasta.

Untuk siswa yang bersekolah di SMA/SMK/SLB negeri, katanya, mereka semuanya akan mendapatkan fasilitas gratis, namun untuk swasta, Pemprov akan memberikan beasiswa untuk siswa tidak mampu.

"Makanya kita akan meminta data kepada pengelola sekolah swasta untuk memberikan data siswa yang tidak mampu, agar mendapatkan beasiswa tersebut," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement