Ahad 24 Feb 2019 07:52 WIB

Mengikuti Keseruan Karnaval Busana Mandalika

Karnaval Mandalika 2019 lebih ramai karena seluruh kota/kabupaten mengirim wakilnya

Sejumlah peserta menggunakan kostum bertemakan Putri Mandalika saat mengikuti Parade Budaya Festival Pesona Bau Nyale 2019 di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (23/2/2019). Parade budaya yang menampilkan kesenian serta atraksi budaya dari Kabupaten dan Kota se NTB tersebut merupakan rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2019.
Foto:

Wakil Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri mengatakan Karnaval Busana Mandalika merupakan agenda rutin yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemkab Lombok Tengah.

"Karnaval Busana Mandalika ini satu dari 14 rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale," ucap Pathul. 

Pathul menyampaikan, sejak Festival Pesona Bau Nyale ditetapkan sebagai salah satu kalender pariwisata nasional, pagelaran Karnaval Busana Mandalika juga semakin meriah lantaran diikuti seluruh perwakilan kabupaten dan kota di NTB.

"Apresiasi kepada semua pihak, kita semua punya itikad mengembangkan pariwisata agar pendapatan Lombok Tengah bisa meningkat untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Pathul. 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pemprov NTB Baiq Eva Nurcahya Ningsih  mengatakan Fastival Pesona Bau Nyale sebagai kalender pariwisata nasional merupakan kebanggan bagi masyarakat NTB. Eva berharap festival ini mampu mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke NTB.

"Dengan adanya kegiatan ini kita harap NTB dan Lombok Tengah semakin banyak dikunjungi wisatawan. Festival ini membuat perputaran ekonomi warga bergerak cepat makanya perlu kita jaga sama-sama," kata Eva. 

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan Karnaval Busana Mandalika menjadi menggandeng penyelenggara Karnaval Busana Jember."Parade ini harus kita kemas dan benahi terus ke depan supaya semakin hari semakin baik. Jember menjadi partner kita untuk ini, Kemenpar juga menetapkan Jember sebagai mentor dari semua karnaval di Indonesia," ucap Faozal. 

Faozal mengatakan, NTB memiliki empat agenda pariwisata berskala nasional pada 2019 yakni Festival Pesona Bau Nyale, Festival Moyo, Festival Tambora, dan Festival Pesona Khazanah Ramadhan.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lalu Putria mengatakan Festival Pesona Bau Nyale memiliki rangkaian kegiatan menarik, mulai dari Karnaval Busana Mandalika, pemilihan Putri Mandalika, Surfing, Peresean, dan bersih pantai.

"Kegiatan inti pada Ahad (24/2) malam yakni pentas seni budaya tradisional dan drama kolosal Putri Mandalika," kata Putria. 

Putria menyampaikan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale tahun ini sedikit berbeda lantaran diawali dengan kegiatan doa dan zikir bersama dalam Mandalika Berzikir di Masjid Nurul Bilad, KEK Mandalika, pada Jumat (22/2) sore.

"Tahun ini karena sekaligus dalam membangkitkan pariwisata Lombok pascagempa, makanya kita awali dengan doa dan zikir bersama yang sudah kita lakukan di Masjid Nurul Bilad. Sedangkan acara yang lain relatif sama," ungkap Putria.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement